10 Tips Memilih RAM yang Tepat untuk Komputer dan Laptop

  • Whatsapp
tips memilih ram yang benar

RAM memainkan kinerja besar dalam komputer. Untuk itu orang sering memilih RAM saat mengupgrade komputer. Namun saat memilih RAM, ada beberapa faktor penting yang harus Anda pertimbangkan. Di bawah ini ada beberapa informasi tips memilih RAM yang sangat berguna untuk Anda.

Supaya nantinya Anda mendapatkan RAM yang kompatibel dengan motherboard dan prosesor Anda. Sehingga spesifikasi RAM yang Anda pilih benar-benar dapat meningkatkan kinerja laptop maupun komputer.

Read More

10 Cara RAM yang Tepat untuk Motherboard Komputer dan Laptop

Jangan sembarangan memilih RAM, karena tidak semua RAM kompatibel dengan setiap sistem. Maka dari itu, perhatikan cara memilih RAM yang cocok untuk motherboard berikut ini:

Memahami Tipe RAM dan Motherboard

Perhatikan spesifikasi PC Anda serta kemampuan motherboard, lalu sesuaikan RAM dengan keduanya. Karena jika tidak sesuai, PC atau laptop Anda tidak akan berjalan dengan stabil, dan itu percuma.

Jadi, perhatikan clock yang dimiliki motherboard. Lihat juga apakah motherboard Anda mendukung dual channel atau quad channel.

Contoh:

Motherboard PC Anda support dual channel 12GB dengan clock 1.333 MHz. Maka Anda tidak dapat memasangkan RAM dengan kapasitas 16GB dan dengan clock di atas itu.

Terlebih lagi, jangan membeli RAM berukuran 12GB sekaligus. Sebaiknya, pilihlah 2 dengan masing-masing kapasitas RAM sebesar 6GB.

Ketahui Tipe dan Frekuensi RAM yang Digunakan

Kemudian pahami juga tipe RAM yang digunakan pada motherboard Anda. Ada beberapa tipe RAM yang biasa digunakan, yaitu DDR1, DR2, DDR3, dan DDR4 atau bahkan jenis SDRAM, atau DRAM.

Untuk mengetahui lebih banyak tipe RAM, baca postingan kami terkait jenis-jenis RAM.

Jika Anda sudah mengetahui tipe RAM yang digunakan, pastikan Anda membeli RAM dengan tipe yang sama.

Meskipun motherboard Anda mendukung pemasangan tipe RAM yang berbeda dengan sebelumnya, sebaiknya jangan lakukan itu. Supaya PC atau laptop Anda tetap berjalan dengan stabil dan tanpa gangguan.

Selanjutnya ketahui berapa kecepatan frekuensi RAM yang mampu diterima motherboard dan prosesor Anda.

Karena tidak semua prosesor mampu menopang kecepatan frekuensi dari setiap ukuran RAM. Begitu pula dengan Motherboard.

Lebih dari itu, lakukan evaluasi jenis program atau game yang akan Anda jalankan saat menentukan frekuensi RAM. Karena Ram yang beroperasi pada frekuensi yang lebih tinggi dapat meningkatkan kinerja beberapa program, tapi tidak dengan program lainnya.

Perhatikan Jumlah Slot RAM

Meskipun Anda memiliki anggaran yang cukup untuk membeli lebih banyak modul RAM, namun pastikan Anda tidak sampai menurunkan CPU dan GPU supaya dapat menampung lebih banyak RAM.

Lihat berapa banyak slot pemasangan RAM yang ada pada motherboard. Karena jika motherboard Anda hanya memiliki 2 slot dan Anda membeli 4 modul RAM, maka 2 modul RAM tidak dapat dipasangkan.

Supaya lebih mudah melihat jumlah slot RAM, coba gunakan aplikasi Speccy. Lihat pada menu Memory Slots untuk mengetahui jumlah slot yang ada dan yang sudah digunakan.

Jika ada slot yang belum digunakan, Anda bisa langsung menambahkan RAM pada slot tersebut. Namun jika semua slot sudah digunakan, ganti RAM yang ada dengan RAM yang memiliki kapasitas lebih tinggi.

Pahami OS Perangkat Anda

Sangat penting memperhatikan sistem operasi yang dijalankan perangkat Anda sebelum mengupgrade RAM. Supaya RAM yang Anda tambahkan terdeteksi oleh sistem.

Misalnya sistem operasi komputer Anda menggunakan 32 bit. Maka itu artinya komputer Anda hanya sanggup menggunakan 4GB RAM. Jadi meskipun Anda memasangkan RAM sebesar 16GB, sistem hanya akan membaca yang 4GB.

Kemungkinan besar, 32 bit ini digunakan pada komputer lama.

Sementara jika Anda menggunakan komputer baru, sistem operasi atau prosesor  kemungkinan mendukung 64 bit. Jika sudah menggunakan 64 bit, maka Anda bisa menggunakan RAM sampai ukuran terabyte.

Lihat Nomor Seri RAM

Saat Anda melepas RAM dari motherboard, cek nomor seri atau serial yang tertera pada RAM tersebut. Pastikan Anda memilih RAM dengan nomor seri yang sama dengan RAM yang digunakan sebelumnya supaya pas pada motherboard.

Perhatikan Modul RAM

Lihat bentuk dan ukuran modul RAM yang digunakan pada motherboard. Apakah DIMM atau SO-DIMM?

Di mana DIMM (Dual in-Line Memory Module) memiliki ukuran yang lebih besar dari SO-DIMM (Small Outline Dual in-Line Memory Module). Selain itu, tipe DIMM dirancang khusus untuk motherboard desktop dan server.

Sementara tipe SO-DIMM dibuat khusus untuk laptop atau notebook.

Perhatikan Spesifikasi RAM

Saat memutuskan memilih RAM, tentu tujuan Anda adalah untuk meningkatkan kinerja. Maka dari itu, jangan sampai kinerja perangkat Anda malah menurun karena salah memilih RAM.

Perhatikan kecepatan RAM perangkat Anda. Untuk mengetahuinya, baca angka yang menunjukkan siklus kecepatan RAM di komputer dengan satuan MHz. Kembali lagi, Anda bisa menggunakan bantuan aplikasi Speccy untuk mempermudah pengecekan.

Karena dengan memperhatikan kecepatan data transfer, Anda tahu seberapa cepat RAM yang dibeli untuk bisa meningkatkan performa komputer.

Ketahui Berapa Banyak RAM yang Anda Butuhkan

Berapa banyak RAM yang Anda butuhkan?

Jawabannya: tergantung dari jenis sistem yang hendak Anda bangun.

Sekarang tanyakan pada diri Anda sendiri: “Untuk apa Anda mengupgrade komputer?”

Karena jelas, kapasitas RAM yang dibutuhkan untuk PC kelas atas khusus editing video sampai desain grafis dengan membangun PC game berat sangatlah berbeda.

Untuk membangun PC desain grafis, setidaknya Anda harus menggunakan RAM 16GB untuk membangun PC kelas atas. Namun beda halnya untuk game berat.

Di mana tips memilih RAM PC gaming, minimal 8GB sudah cukup baik untuk membuat PC bekerja maksimal dan lebih optimal.

Baca Juga: Cara Upgrade RAM Komputer atau PC dengan 4 Langkah mudah

Pilih RAM dengan Heat Spreader

Memilih RAM yang dilengkapi dengan heat spreader lebih disarankan terutama jika PC atau laptop biasa digunakan dalam jangka waktu panjang.

Supaya nantinya, performa dan kestabilan perangkat menjadi lebih baik. Jika dilihat dari segi harga, tentu lebih mahal dari yang standar, tapi itu sepadan dengan yang Anda harapkan saat mengupgrade RAM.

Pilih Merk yang Populer dan Dapatkan Garansi

Ketahui merk-merk RAM yang populer dengan kualitas terbaik di pasaran. Sehingga Anda menerima risiko akibat memilih RAM yang belum diketahui pasti kualitasnya. Anda bisa cek merk-merk RAM yang kami rekomendasikan.

Beli di tempat yang memiliki reputasi baik. Jika Anda membeli secara online, baca dengan seksama ulasan yang disampaikan pelanggan. Supaya Anda mendapatkan layanan untuk menangani kerusakan pada RAM yang Anda beli.

Tanyakan juga mengenai batas waktu garansi yang bisa Anda dapatkan. Pastikan waktunya wajar atau masuk akal dan tidak berlebihan.

Ingat, tidak kalah penting, pastikan untuk menghindari membeli RAM yang tanpa kemasan demi keamanan. arena ini bisa berisiko terhadap kestabilan perangkat Anda nantinya.

Jadi, RAM mana yang akan Anda pilih untuk PC Anda? Dengan mengikuti tips memilih RAM di atas, maka perangkat Anda dapat berjalan stabil dengan peningkatan kecepatan yang Anda inginkan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *