Cara Menghilangkan Iklan yang Muncul Tiba Tiba di Android Tanpa Root

  • Whatsapp
banner 468x60

Tentu sangat mengganggu dan menjengkelkan ketika sedang bermain hp namun tiba – tiba muncul iklan di layar hp yang isinya terkadang sangat tidak penting hingga membuat kesal. Banyak yang bertanya apa penyebabnya?. Hal itu terjadi karena mungkin sebelumnya pernah memasang aplikasi yang tidak official sehingga berkemungkinan mengandung virus atau malware. Untuk itu, berikut cara menghilangkan iklan yang muncul tiba tiba di android tanpa root yang wajib diketahui:

1. Reset ke Pengaturan Pabrik

Cara menghilangkan iklan yang muncul tiba tiba di android tanpa root dengan mereset hp ke pengaturan pabrik. Masalah tersebut ditandai dengan muncul iklan di menu home atau lockscreen yang menandakan ada aplikasi yang diinstal dan aplikasi tersebut memiliki virus. Akan sangat sulit jika dihilangkan secara manual karena tentu file virus akan berada di folder tersembunyi.

Untuk itu, cara efektif yang bisa digunakan yaitu dengan mereset ke pengaturan pabrik. Agar data penting tidak hilang bisa dengan melakukan back-up data di drive atau mencabut SD card yang ada di hp. Selanjutnya masuk ke dalam pengaturan kemudian cari dan pilih menu Cadangkan dan Reset. Disana akan ada menu kembalikan setelan pabrik, klik dan tunggu proses reset hingga selesai.

2. Matikan Izin Pop-up di Browser

Pada Chrome terdapat pengaturan yang mampu mengatasi iklan yang tiba tiba muncul. Iklan muncul juga bisa disebabkan karena ada beberapa website yang pernah diakses dan memberikan pop – up yang bisa mengalihkan iklan pada android. Untuk mematikannya, pertama bisa masuk ke aplikasi Chrome. Kemudian klik tombol pengaturan Chrome.

Lalu akan muncul beberapa menu, pilih dan klik pengaturan. Geser ke bawah hingga menemukan menu pengaturan situs. Klik menu tersebut lalu cari menu pop – up. Selanjutnya akan terlihat halaman url yang menyebabkan iklan muncul, itu bisa diklik silang untuk menghapus. Juga bisa mencentang pilihan jangan izinkan pop – up agar nantinya akan menghalangi website lain untuk mengirim iklannya ke hp.

3. Menggunakan VPN

Cara yang ketiga bisa dengan memasang aplikasi VPN yang dapat diunduh di Play Store. Aplikasi berikut bertujuan untuk mem private jaringan kita sehingga akan menjadi lebih aman dari serangan pop – up atau virus website lainnya. Banyak jenis VPN yang dapat digunakan dengan kelebihannya masing – masing. ADGuard adalah aplikasi VPN yang direkomendasikan untuk digunakan.

4. Menggunakan Aplikasi AdClear Content Blocker

Aplikasi selanjutnya yaitu ciptaan oleh perusahaan SEVEN Networks. Dilengkapi dengan proteksi DNS yang sangat kuat dan aman yang mampu menjaga serta melindungi perangkat dari serangan virus atau iklan. Adanya pembaharuan membuat aplikasi ini telah mampu disesuaikan untuk dapat digunakan pada browser tipe alfa dan beta yang menjadikan aplikasi berikut lebih cocok digunakan pada android.

Tidak hanya mencegah dan menghalangi iklan saja, aplikasi AdClear akan menghemat daya baterai, bandwith internet yang digunakan oleh pengguna. Juga menjaga keamanan pengguna dari iklan malware yang sangat berbahaya bagi sistem perangkat.

5. Memakai UC Browser

Cara terakhir yaitu dengan menggunakan aplikasi UC Browser. Ini juga termasuk salah satu aplikasi browser seperti Chrome yang dapat digunakan di android. Aplikasi browser berikut memang sudah sering diandalkan ketika ingin menjelajahi situs internet tanpa terserang iklan. Hal tersebut dikarenakan adanya fitur Powerful Ad Blocker yang sangat kuat untuk menangkal iklan dan virus dari suatu situs jahat.

Berikut cara menghilangkan iklan yang muncul tiba tiba di android tanpa root. Hal diatas penting dilakukan karena jika dibiarkan iklan dan virus akan menyebabkan kinerja hp menjadi lemot dan sistem perangkat terganggu.

Baca Juga: anti rayap solo

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *