Pengertian VLAN, Jenis-Jenis dan Kelebihannya

  • Whatsapp
pengertian vlan

Banyak orang belum mengetahui tentang pengertian VLAN hingga keuntungan yang bisa didapatkan. Padahal VLAN merupakan bagian penting pada LAN yang hanya menghubungkan perangkat melalui kabel fisik.

VLAN sendiri merupakan pengembangan dari LAN yang memberikan banyak keuntungan jika menggunakannya. Dengan memanfaatkan teknologi terkini memberikan jawaban akan kebutuhan jaringan yang lebih fleksibel dan kompleks.

Read More

Pengertian VLAN dan Jenis-Jenisnya

Kepanjangan VLAN yaitu Virtual Local Area Network yang merupakan subnetwork untuk mengelompokkan perangkat dalam satu jaringan area lokal fisik.

VLAN memudahkan administrator jaringan dalam proses mempartisi jaringan tunggal untuk diaktifkan. Namun harus memenuhi persyaratan serta mengutamakan keamanan sistem dalam setiap proses partisi.

Dengan menggunakan VLAN maka tidak perlu menggunakan kabel baru atau membuat perubahan pada struktur jaringan yang sudah tersedia. VLAN sendiri sangat fleksibel karena tidak menggunakan koneksi fisik namun koneksi logis.

Sebelumnya, kamu harus baca tips memilih spesifikasi komputer server.

Konfigurasi jaringan VLAN biasanya menggunakan software untuk mempermudah pemindahan tanpa setup jaringan. VLAN juga memungkinkan pengguna dan komputer melakukan komunikasi seolah berada dalam satu jaringan dan domain.

VLAN sendiri terbagi dalam beberapa jenis yang masing-masing memiliki fungsi berbeda.

  • Pertama VLAN Default yang berfungsi menamai konfigurasi dari pertama kali saklar dinyalakan. Jenis satu ini masih standar dan terhubung dengan fungsi standar.
  • Jenis kedua yaitu Data VLAN yang fungsinya bertugas sebagai pengatur lalu lintas data dalam jaringan VLAN.
  • Ketiga VLAN Suara yang bertugas mendukung layanan VoIP untuk berbagai kebutuhan komunikasi dimana fitur utama berbasis suara.
  • Jenis keempat yaitu Management VLAN yang merupakan sistem jaringan yang terhubung untuk kebutuhan dalam skalar management.
  • Kelima VLAN Asli adalah jaringan VLAN yang dikembangkan pada pengembalian ke port jika tidak memiliki tag.

5 Kelebihan Penggunaan VLAN di Dalam Komputer

Ada banyak keuntungan VLAN yang bisa didapatkan, diantaranya ada 5 keuntungan berikut ini.

Keamanan Maksimal

VLAN bukan jaringan yang bisa diakses oleh semua orang secara bebas sehingga dari segi keamanan lebih terjamin. Setiap akses dibutuhkan izin dari administrator jaringan sehingga dapat diketahui siapa saja yang menggunakannya.

Faktor keamanan menjadi hal paling dasar dan penting mengingat banyak data penting yang dimiliki. Tidak hanya untuk perusahaan namun data personal juga butuh perlindungan dan jaminan keamanan.

Menghemat Anggaran

Ketika menggunakan LAN dibutuhkan jaringan nirkabel yang jumlahnya tidak sedikit dan akhirnya berpengaruh pada biaya. Berbeda dengan VLAN membuat pengguna bisa mengakses fitur LAN tanpa memerlukan kabel.

Pengguna tidak perlu repot memasang kabel di tempat yang diinginkan sehingga hemat biaya kabel dan biaya tenaga. Sistem jaringan VLAN juga tidak membutuhkan banyak proses jadi lebih cepat pemasangan untuk segera digunakan.

Tidak Perlu Pengaturan Ulang Jaringan

Pada koneksi jaringan LAN, setiap perangkat yang dipindah harus mengatur ulang sehingga menyita waktu. Sementara jika memakai VLAN maka perangkat bisa dipindahkan kemana saja dan kapan saja tanpa ribet.

Baik perangkat komputer maupun laptop bisa langsung digunakan setelah dipindah tanpa harus pengaturan ulang.

Performa Maksimal

Sudah menjadi rahasia umum jika VLAN mampu bekerja dengan mengurangi beban traffic pada jaringan. Hal inilah yang membuat performa atau kinerja VLAN jauh lebih baik sehingga bisa menjadi maksimal.

Menyederhanakan Proses Administrasi

Manfaat lain yang bisa didapatkan jika menggunakan VLAN yaitu proses administrasi jauh lebih sederhana. Komputer server tidak harus berada di area langsung jika ingin masuk ke jaringan.

Semua komputer yang digunakan bisa tersambung dan mampu menjangkau server meskipun dari tempat lain. Komputer server bisa memudahkan administrator dalam mengatur jaringan demi menjaga keamanan.

Itulah tadi sekilas tentang pengertian VLAN, jenis-jenisnya dan berbagai keuntungan yang bisa didapatkan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *