Kelebihan dan Kekurangan Windows 10

  • Whatsapp
kelebihan dan kekurangan windows 10

Tidak lama dari perilisan Windows 8, versi Windows 10 diklaim sebagai versi perbaikan dari Windows 8. Meskipun Windows 8 sudah cukup berbeda daripada versi sebelumnya, Windows 10 mempunyai tampilan yang lebih berbeda. Namun, apa saja kelebihan dan kekurangan Windows 10?

Beberapa pengguna penasaran apakah versi ini benar merupakan versi perbaikan dari versi sebelumnya. Faktanya, ada banyak kelebihan maupun kekurangan dari versi ini. Tentu saja untuk membandingkannya, pengguna harus mengetahui detail informasinya. Berikut ini informasi selengkapnya:

Read More

Kelebihan Windows 10

Tentu saja kelebihan menjadi salah satu hal yang membuat banyak pengguna tertarik. Bukan hanya tampilan yang jauh berbeda dari versi sebelumnya, Windows 10 juga menawarkan berbagai sentuhan futuristic dalam sistem dan fiturnya. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari Windows 10:

1. Adanya Menu Start

Di versi ini, menu start dikembalikan lagi ke tampilan menu utama. Tentu saja ini menjadi angin segar bagi pengguna yang masih tidak terbiasa dengan ketiadaan menu start di Windows 8.

Pada versi ini, Microsoft menghadirkan kembali menu start dengan pilihan fitur yang lebih banyak. Secara teknis dan fungsi, menu start ini pada dasarnya mirip dengan menu start yang ada di Windows 7.

Namun, di versi ini, Microsoft juga menyertakan berbagai akses fitur dan aplikasi yang lebih kompleks. Di menu start tersedia highlight dari beberapa aplikasi di perangkat.

2. Fitur Modern

Microsoft tampaknya berhasil memprediksi trend di masa saat ini. Terbukti dengan adanya sentuhan modern dari segi tampilan maupun fitur yang dihadirkan di versi Windows 10. Salah satu fitur modern yang banyak diperbincangkan adalah fitur sinkronisasi One Drive.

Dengan mengatur sinkronisasi Onedrive tetap aktif, pengguna bisa menetapkan pengaturan yang sama pada perangkat lain yang menggunakan akun Windows 10 yang sama. Ini memungkinkan pengguna untuk berpindah perangkat namun tetap bisa mengakses data dengan tampilan yang sama.

3. Proteksi Lebih Aman

Bukan hanya versi Windows yang diperbaiki, di versi ini Windows Defender juga turut diperbaiki. Di versi ini, Windows Defender dibekali dengan lebih banyak fitur proteksi yang memungkinkan perangkat untuk lebih terlindungi dari serangan ransomware.

4. Teknologi Virtual Desktop

Windows 10 ialah sistem operasi yang cocok untuk pengguna dengan produktivitas tinggi. Mengapa demikian? Di versi ini telah tersedia fitur Virtual Desktop yang memungkinkan pengguna untuk beralih desktop dengan cepat tanpa harus menekan tombol buka dan tutup jendela.

5. Mendukung Gaming

Windows 10 menjadi sistem operasi yang mendukung DirectX 12 dengan GPU terkini. Ini merupakan komponen yang dapat memberikan performa prima bagi pengguna yang gemar bermain game. Versi ini juga dilengkapi dengan gaming mode, yang bisa diaktifkan untuk meningkatkan performa perangkat.

Kekurangan Windows 10

Tentu saja mengetahui kelebihan tanpa kekurangannya tidak adil untuk menilai kemampuan dari versi ini. Sebelum memutuskan beralih ke versi ini ketahui selengkapnya kelebihan dan kekurangan Windows 10. Meskipun mempunyai banyak kelebihan, Windows 10 juga memiliki kekurangan. Berikut beberapa di antaranya:

  • Terlalu banyak update. OS satu ini disebut sebagai sebuah layanan sistem operasi oleh Microsoft. Artinya, layanan ini akan terus melakukan update untuk perbaikan sistem dengan jadwal yang acak bahkan otomatis.
  • Tidak tersedia versi finalnya. Berbeda dari versi-versi sebelumnya, Windows 10 tidak memiliki versi final. Ini artinya, Windows 10 masih bisa terus berubah dan diperbarui.
  • Boros internet. Banyaknya update dari berbagai aplikasi dan fitur secara otomatis akan membuat paket data yang digunakan boros. Ini juga membuat OS ini lebih bergantung dengan koneksi internet.

Demikian ulasan tentang kelebihan dan kekurangan Windows 10 yang wajib pengguna ketahui. Jadi, tertarik untuk upgrade ke Windows 10? Namun, sebelum melakukannya sebaiknya ketahui bagaimana kelebihan dan juga kekurangannya.

Artikel Terkait

Kelebihan dan Kekurangan Windows 7

Kelebihan dan Kekurangan Windows 8

Kelebihan dan Kekurangan Windows 11

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *