Kelebihan dan Kekurangan Windows 8

  • Whatsapp
kelebihan dan kekurangan windows 8

Pada 26 Oktober 2012, Microsoft meluncurkan Windows versi terbarunya yakni Windows 8. Pasalnya, dibandingkan dengan versi sebelumnya, yakni Windows 7, Windows 8 merupakan versi terbaru yang jauh lebih unggul. Apa saja kira-kira kelebihan dan kekurangan Windows 8 ini?

Disebut sebagai versi Windows dengan banyak kelebihan dibandingkan Windows 7, tidak sedikit pengguna yang ingin beralih ke versi ini, khususnya untuk pengguna perangkat low-end. Namun, sebelum memutuskan untuk beralih, ketahui apa saja kelebihan & kekurangan versi ini dalam ulasan berikut:

Read More

Kelebihan Windows 8

Secara desain tampilan, versi ini memang cukup jauh berbeda dibandingkan dengan Windows 7, yakni versi sebelumnya. Tidak sedikit yang menyukai interface nya yang sederhana dan lebih nyaman.Namun, bukan hanya itu saja kelebihannya, berikut beberapa kelebihan dari windows 8, diantaranya:

1. Tampilan yang Dinamis

Saat perilisan versi ini, Microsoft memberikan klaim bahwa tampilan Windows 8 terintegrasi dalam perangkat yang berbeda-beda. Ini artinya, tampilan versi ini cukup dinamis dan setiap perangkat baik laptop, komputer, atau ponsel dengan OS ini akan memiliki tampilan yang sama.

Kelebihan ini juga beriringan dengan perkembangan teknologi dan semakin banyaknya jenis aplikasi. Sistem operasi dari Windows 8 dilengkapi dengan fitur pemberitahuan dari semua aplikasi di perangkat. Ini memungkinkan pengguna untuk mengetahui adanya e-mail baru dari pop-up notifikasi yang muncul di tampilan utama.

2. Kompatibel dengan Semua Perangkat Lunak untuk Versi Sebelumnya

Tidak sedikit pengguna layanan Microsoft yang masih menggunakan sistem operasi Windows lawas. Misalnya saja seperti Windows 95 atau 98. Tentu saja versi lawas cukup berbeda dengan versi saat ini, terutama dari segi fitur dan efektivitasnya.

Tanpa perlu menggunakan virtual machine, perangkat lunak yang menggunakan versi Windows lawas bisa dioperasikan Windows 8. Ada banyak perangkat lunak yang kompatibel di Windows 8. Untuk mengaturnya, pastikan untuk memilih OS yang tepat pada pengaturan kompatibilitas perangkat lunak di Properties.

3. Antivirus Built-in

Pertama kali di versi ini, Windows Defender sudah terpasang dalam satu paket bersama dengan Windows 8. Berbeda seperti pada Windows 7, kini layanan Windows Defender tidak perlu di unduh dan install secara terpisah dari sistem operasinya.

4. Sistem Pencarian Universal

Windows 8 menghadirkan fitur pencarian universal pada tampilan utamanya. Pengguna bisa mencari data, folder, aplikasi, atau lainnya dari satu mesin pencarian ini. Selain lebih cepat, pencarian ini juga lebih efektif sebab pengguna bisa mencari berbagai data langsung dari satu lokasi pencarian saja.

5. Terintegrasi dengan Windows Store

Ada banyak pilihan perangkat lunak gratis maupun berbayar di Windows Store. Pengguna bisa melakukan download dan install dengan menggunakan akun Microsoft yang sudah dibuat sebelumnya. Semua aplikasi ini memiliki format yang sama dengan versi asli dari situs penyedia aplikasi.

Kekurangan Windows 8

Untuk memutuskan beralih ke Windows 8, ketahui kelebihan dan kekurangan Windows 8. Pastikan untuk mengenal kekurangan yang mungkin akan ditemui di versi ini. Berikut ini beberapa kekurangan yang tidak sedikit dikeluhkan oleh pengguna Windows 8:

  • Tampilan full-screen berlebihan. Rupanya, tampilan dinamis Windows 8 kurang bisa dinikmati dengan nyaman di laptop dengan layar 12 atau 14 inchi. Ini dikarenakan adanya tampilan full-screen yang menutup layar monitor perangkat.
  • Tidak ada tombol start. Tampilan muka Windows 8 yang tidak menyediakan tombol start akan menyulitkan pengguna yang sudah terbiasa dengan OS yang menggunakan tombol start.
  • Banyak aplikasi tersembunyi. Ada banyak perangkat lunak yang bekerja di latar belakang. Perangkat lunak ini juga bisa melakukan update Tentu saja ini bukan hanya bisa menguras baterai perangkat namun juga paket data yang digunakan.

Itulah ulasan singkat mengenai kelebihan dan kekurangan Windows 8 yang harus diketahui. Untuk itu, penting mengetahui hal hal yang berkaitan dengan windows 8 sebelum memutuskan untuk beralih ke versi ini.

Artikel Terkait

Kelebihan dan Kekurangan Windows 7

Kelebihan dan Kekurangan Windows 10

Kelebihan dan Kekurangan Windows 11

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *