Pengertian Sistem Operasi Komputer: Fungsi dan Contoh

  • Whatsapp
Pengertian Sistem Operasi Komputer

Pada dasarnya, pengertian sistem operasi komputer mengacu pada perangkat lunak yang mengelola semua program aplikasi lain di komputer. Hal ini juga memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan komputer tanpa harus mengetahui cara menggunakan bahasa komputer.

Lantas, apa itu sistem operasi komputer? Apa saja fungsi dan contohnya? Cari tahu jawabannya di sini!

Read More

Pengertian Sistem Operasi Komputer

Sistem operasi atau OS adalah perangkat lunak yang diinstal pada hard drive komputer yang memungkinkan hardware komputer untuk berkomunikasi dan beroperasi dengan software komputer. OS berfungsi untuk mengelola semua program lain di komputer, yang juga disebut sebagai aplikasi.

Sistem operasi ini terdiri dari perangkat lunak sistem, atau file dasar yang dibutuhkan komputer Anda untuk boot dan berfungsi. Setiap komputer desktop, tablet, dan smartphone harus memiliki sistem operasi yang menyediakan fungsionalitas dasar untuk perangkat.

Baca Juga: Pengertian OS Laptop dan Jenis-Jenis OS Paling Populer

Fungsi Sistem Operasi Komputer

Berikut adalah beberapa fungsi dari sistem operasi komputer:

1. Manajemen Memori

Memori merupakan sistem penyimpanan hardware yang penting untuk perangkat komputasi jenis apa saja. Dengan memori, program bisa tetap berjalan atau tetap aktif saat tidak digunakan.

Di sini, sistem operasi berfungsi untuk mengarahkan sumber daya memori ke program komputer yang berbeda dan menangani manajemen memori untuk pengalaman tanpa gangguan.

2. Manajemen Prosesor

Jika sistem operasi adalah otak komputer, maka prosesor adalah jantungnya. Sistem operasi memutuskan proses mana yang mendapatkan sumber daya prosesor serta waktu dan durasinya. Selain itu, sistem operasi juga berfungsi untuk mengoptimalkan prosesor agar kinerjanya semakin efisien.

3. Manajemen Perangkat

Komputer merupakan seperangkat sumber daya hardware dan software. Dan di sini, sistem operasi berfungsi untuk mengelola sumber daya ini sehingga semuanya bekerja tanpa konflik.

Untuk menjalankan fungsi ini dengan baik, komputer memerlukan driver agar perangkat lunak berkomunikasi dengan perangkat keras secara efisien melalui sistem operasi. Namun, sistem operasi lah yang mengelola manajemen perangkat.

3 Contoh Sistem Operasi Komputer yang Banyak Digunakan

Setelah mengetahui pengertian sistem operasi komputer, berikut ini berbagai contoh Sistem Operasi atau OS yang paling sering digunakan:

1. MS Windows

OS Windows telah ada sejak tahun 1980-an dan telah memiliki beberapa versi dan pembaruan, seperti Windows 95, Windows Vista, Windows 7/8/10, dan lain-lain. MS Windows adalah salah satu jenis sistem operasi yang populer dan digunakan di sebagian besar OS baru.

Baca Juga: 3 Cara Aktivasi Windows 10 dengan Mudah

Dengan setiap pembaruan atau rilis Windows baru, Microsoft terus berupaya meningkatkan pengalaman, perangkat keras, dan perangkat lunak penggunanya, sehingga membuat Windows lebih mudah untuk diakses dan digunakan.

Microsoft Windows berisi panel kontrol, desktop, pembersihan disk, event viewer, dan banyak lagi. Banyak pengguna lebih memilih Microsoft Windows karena dinilai lebih kompatibel dengan banyak jenis perangkat lunak lainnya.

Selain itu, banyak juga jenis program komputer yang berjalan paling baik di Microsoft Windows karena dikembangkan oleh Microsoft. Di antaranya ada Microsoft Office, Adobe Reader, Autocad, Google Chrome, dan masih banyak lagi.

2. Apple macOS

Kompetitor terberat Microsoft Windows sebagai sistem operasi komputer adalah macOS Apple. MacOS dan Windows adalah contoh sistem operasi berpemilik, artinya perusahaan membuat konsep, merancang, mengembangkan, dan sekarang menjual OS mereka sendiri.

Produk macOS dan Apple/Mac juga dikenal dan disukai oleh penggunanya karena kemudahan penggunaan dan terus meningkatkan pengalaman pengguna. Kecepatan pemrosesannya juga tinggi, antarmuka desktop yang sederhana, dan beragam sumber daya yang bermanfaat membuat pengguna puas menggunakan macOS.

3. Sistem Operasi Linux

Linux adalah sistem operasi gratis dan open source. Sistem operasi komputer ini populer karena kemudahan penyesuaian dan menawarkan berbagai opsi bagi mereka yang mengerti cara menggunakannya.

Linux dirancang khusus yang memungkinkan siapa saja untuk berkontribusi atau membuat perubahan pada kode tanpa membayar royalti atau menggunakan paten. Jika Anda lebih suka bekerja dengan sistem kustomisasi, Linux adalah pilihan ideal.

Itulah penjelasan tentang pengertian sistem operasi komputer beserta fungsi dan contohnya. Semoga bermanfaat!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *