10 SSD Terbaik untuk Komputer dan Laptop di Tahun 2022

  • Whatsapp
WD Blue 3D NAND 500GB SATA III 3D

Kualitas SSD terbaik sering menjadi incaran para pengguna komputer atau laptop. Perkembangan perangkat penyimpanan data memang sangat berkembang seiring kecanggihan teknologi. Dahulu kita mengenal media penyimpanan data berupa disket, kemudian SD Rom, sampai flash disk dan hard disk.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, sebab SSD diklaim memiliki kecepatan mencapai 10 kali lipat media penyimpanan data standar. Penyebabnya adalah karena perpindahan data bisa mencapai satuan giga per detik. Ingin tahu lebih banyak tentang SSD? Simak penjelasannya berikut ini.

Read More

Apa itu SSD?

Solid State Drive atau sering dikenal dengan istilah SSD adalah sebuah inovasi penyimpanan data terbaru. SSD bekerja menggunakan sebuah chip memory yang ditanamkan ke dalam perangkat komputer atau laptop.

Sebagai pengganti HDD atau Hard Disk Drive, SSD menggunakan chip tersebut untuk menggantikan peran piringan cakram HDD. Jadi penting bagi kamu untuk mencari SSD terbaik untuk kebutuhan komputer dan laptop kamu.

Saat ini, muncul sebuah teknologi penyimpanan data terbaru yang disebut SSD atau Solid State Drive. Sejumlah SSD sudah mulai digunakan pada perangkat komputer atau laptop. Faktanya, setelah menggunakan penyimpanan data terbaru ini perangkat-perangkat tersebut menunjukkan peningkatan kecepatan akselerasi yang cukup baik.

10 Rekomendasi SSD Terbaik untuk Komputer dan Laptop

Setelah mengenal apa itu SSD, ini saatnya kita membahas tentang deretan SSD terbaik yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan kecepatan komputer atau laptop. Berikut adalah daftarnya:

SSD WD Blue 3D NAND 500GB SATA III 3D

WD Blue 3D NAND 500GB SATA III 3D

SSD terbaik yang kita bahas pertama adalah SSD WD Blue 3D NAND 500GB SATA III 3D. SSD jenis ini menawarkan kemampuan membaca dan menulis sangat cepat serta kapasitas yang cukup besar. Jika kamu memiliki beberapa file besar di komputer atau laptop maka SSD yang satu ini adalah pilihan yang tepat.

Banyak fitur yang diciptakan Western Digital pada SSD ini, seperti kemampuan menghemat daya mencapai 25% hingga desainnya yang menggunakan papan sirkuit utama. Tujuannya agar menjaga SSD dari benturan yang keras.

Ukurannya seperti HDD pada umumnya, yakni sekitar 2.5 inci. Tetapi versi ini sudah lebih unggul dibandingkan dengan 2D NAND yang lama.

Performa yang dihasilkan sendiri bisa mencapai 530.7 MB/s untuk kecepatan membacanya serta 479.2 MB/s dari sisi kecepatan menulisnya. Mengenai harga, SSD ini bisa kamu miliki dengan harga 900 ribuan saja.

Vivan SSD Portable

Vivan SSD Portable

Tidak salah jika Vivan SSD Portable menjadi salah satu SSD terbaik di tahun 2022 karena memiliki kecepatan transfer data hingga 550 MB/s. fitur lainnya adalah proteksi data yang mengenkripsi hardware 256-bit.

SSD ini dapat digunakan di perangkat laptop dan komputer menggunakan chip memory flash. Hal itu membuat perangkat milikmu tidak akan lagi berbunyi ketika piringan CD berputar.

WD Green SSD 240GB Sata 3

WD Green SSD 240GB Sata 3

SSD ciptaan Western Digital ini tergolong SSD yang ekonomis dan kecepatan transfer data yang cukup baik. SSD ini juga terkenal di kalangan pengguna komputer atau laptop dan menjadi primadona di pasaran.

Meski masih menggunakan SATA 3 yang tergolong awal, namun SSD ini sangat cocok digunakan mereka yang baru beralih dari HDD ke SSD. Ukurannya juga standar, yaitu 2.5 inci.

Daya tahan SSD ini termasuk yang terbaik. Pihak Western Digital mengklaim bahwa SSD ini dapat digunakan bahkan hingga 1 juta jam. Mengesankan sekali, bukan?

Seagate Expansion SSD Eksternal USB 3.0

Seagate Expansion SSD Eksternal USB 3.0

Kali ini, kita akan membahas mengenai SSD eksternal yang berukuran mini dan bisa diajak kemana saja. Karena fitur tersebut, SSD ini sangat cocok bagi kamu yang senang bepergian.

Mengenai ukuran, SSD eksternal ini lebih kecil dibandingkan SSD eksternal pada umumnya. Performa solid state pada SSD ini memiliki kecepatan hingga 400MB/s. kamu tidak memerlukan software apapun untuk menggunakan SSD ini, cukup dengan itur transfer file Tarik dan lepas yang mudah. SSD ini bisa digunakan pada Windows dan Mac.

Seagate BarraCuda SSD SATA III

Seagate BarraCuda SSD SATA III

SSD jenis ini termasuk SSD terbaik karena memiliki efisiensi daya yang irit, harga terjangkau serta kecepatan yang tidak kalah dibandingkan dengan merk lain. Seagate BarraCuda SSD SATA III memiliki form factor berukuran 2.5 inci dengan ketebalan 7 mm.

Western Digital Black SSD 500GB SN750

Western Digital Black SSD 500GB SN750

Kali ini ada SSD terbaik yang bisa digunakan para gamers. Sebab selain memiliki performa yang mengesankan, Western Digital Black SSD 500GB SN750 ini bisa membaca hingga 3.300,7 MB/s dan kecepaatan menulis sebesar 3.006,4 MB/s.

V-Gen SSD M.2

V-Gen SSD M.2

Produk penyimpanan data V-Gen memang sudah lama beredar di pasaran dan digunakan masyarakat di Indonesia. Kini V-Gen meluncurkan V-Gen SSD M.2 yang terkenal dengan harga murah.

V-Gen SSD M.2 versi 128 GM menggunakan chipset SM2259XT dengan kecepatan membaca mencapai 509,98 MB/s dan menulisnya 431,12 MB/s.

Adata SSD SU650 Ultimate 240GB 2.5” SATA 3

Adata SSD SU650 Ultimate 240GB 2.5” SATA 3

Adata SSD SU650 Ultimate 240GB 2.5” SATA 3 memiliki fitur SLC dan teknologi ECC yang menjadi kebutuhan ideal para pengguna komputer. Meski harganya terjangkau, SSD ini menawarkan kecepatan yang baik dan stabil.

Dengan SLC dan ECC membuat SSD ini tahan guncangan dan tahan hingga 2 juta jam. Pihak produsen yakni Adata memberikan garansi selama 3 tahun.

Sandisk Extreme Portable SSD 1TB

Sandisk Extreme Portable SSD 1TB

Sandisk terkenal dengan ukurannya yang mungil namun kencang. Hal itu juga yang diusung pada Sandisk Extreme Portable SSD 1TB. Dengan kapasitasnya yang cukup besar yaitu 1TB akan lebih dari cukup untuk menyimpan berbagai macam file dengan ukuran yang besar.

Soal ukuran, SSD ini sangat kecil dan nyaman jika dipegang dengan satu tangan. Alasannya karena Sandisk menggunakan lapisan karet kuat dan tahan benturan.

Sandisk mengklaim bahwa kecepatan SSD ini mencapa 1,050 MB/s untuk membaca dan 843 MB/s untuk menulisnya. Harganya cukup mahal yakni sekitar Rp 4 jutaan. Namun pengalaman menyimpan data dalam jumlah banyak adalah keunggulannya.

Samsung SSD 970 EVO PLUS NVMe M.2 500GB

Samsung SSD 970 EVO PLUS NVMe M.2 500GB

SSD terbaik kali ini datang dari produkan Samsung. Pihak produsen sendiri sudah mengejutkan public pada peluncuran SSD ini karena kinerjanya yang cukup baik. Samsung memperbarui NAND Memory Flash 96-layer Samsung V-NAND 3-bit MLC dipadukan dengan kontroler Samsung Phoenix yang mampu menghadirkan performa menulis hingga 3500 MB/s dan menulis 3200 MB/s.

SSD ini cocok bagi pengguna PC dengan dana terbatas, namun ingin merasakan pengalaman performa tinggi dari SSD pabrikan Samsung.

Nah, itulah deretan SSD terbaik di tahun 2022 yang bisa kamu gunakan untuk komputer dan laptop. Pilihan menggunakan SSD kini memang sudah mulai di kalangan masyarakat Indonesia. Meski belum menyeluruh, namun sebagian orang yang menggunakan media penyimpanan SSD ini mengaku mendapatkan kecepatan akses perangkat yang tinggi.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.