Cara Mengatasi No Internet dan Penyebabnya

  • Whatsapp
cara mengatasi no internet

Untuk bisa menggunakan internet pada komputer atau laptop maka harus terhubung dulu dengan wifi. Terkadang wifi sudah terhubung namun internet tidak bisa digunakan sehingga diperlukan cara mengatasi no internet.

Perlu diketahui permasalahan wifi tidak konek dengan wifi no internet access kondisinya berbeda. Sehingga cara mengatasinya juga harus diperhatikan karena disebabkan oleh beberapa hal.

Read More

7 Cara Mengatasi No Internet dan Penyebab yang Sering Terjadi

Seperti kesalahan saat setting router, gangguan jaringan, salah saat setting windows dan banyak lainnya. Jika Anda sedang mengalami permasalahan ini, sebaiknya ketahui beberapa cara mengatasinya berikut ini.

1. Restart Router

Cara mengatasi wifi no internet di laptop yaitu dengan restart router (restart perangkat pemancar wifi). Solusi ini menjadi langkah pertama yang bisa dicoba untuk menyegarkan wifi agar bisa kembali normal.

Langkah restart router sangat sederhana, pertama coba buka halaman admin wifi terlebih dahulu. Kemudian masuk ke halaman Settings, klik pengaturan Device lalu reboot router.

Jika langkah-langkah tersebut sudah dilakukan sampai akhir kemudian koneksikan lagi wifinya. Kemudian coba mengakses internet untuk mengecek hasil settingannya.

Baca Juga: 3 Cara Install Driver WiFi Segala Windows

2. Jalankan Ping

Ketika wifi bermasalah maka internet tidak bisa dijalankan dan tidak merespon apapun. Untuk mengatasinya coba menjalankan ping yang bertujuan melakukan pengecekan koneksinya.

Ketika Anda menjalankan ping maka akan muncul beberapa kode sebagai tanda kondisi koneksi perangkat. Jika koneksi normal maka akan muncul pesan reply dan jika bermasalah maka muncul pesan time out.

Jika muncul pesan time out coba untuk restart seperti cara sebelumnya untuk mengatasi masalah ini.

3. Restart Service

Cara mengatasi wifi no internet lainnya adalah dengan restart service pada windows. Setiap device pada windows akan terdeteksi dan tersimpan secara otomatis.

Maka windows menyediakan pengaturan yang bisa membantu mengatasi berbagai kendala di dalamnya. Pengaturan tersebut dapat membantu merefresh service wifi untuk mengatasi no internet access. Maka tak ada salahnya, kamu harus pilih router wifi terbaik supaya internet kamu tetap lancar.

4. Disable Adapter

Berbagai permasalahan terkait koneksi internet bisa dengan mudah diatasi dengan disable adapter. Termasuk permasalahan wifi terhubung namun tidak ada akses internet bisa juga diatasi dengan cara ini.

Langkah-langkah yang harus dilakukan:

  1. Pada kolom taskbar ketik “Network And Sharing Center”
  2. Klik Change Adapter Settings
  3. Pilih Wifi yang biasa dipakai
  4. Klik Disable This Network Device
  5. Klik Enable This Network Device
  6. Koneksikan lagi wifi dan cek hasilnya

5. Hapus File Temp

Cara mengatasi no internet access pada windows bisa juga dengan menghapus file temp. File temp sendiri mirip dengan file cache yang tersimpan pada perangkat untuk meningkatkan kinerja windows.

Namun jika ada kendala dengan akses internet maka sebaiknya hapus saja file tersebut. Pertama klik windows + R kemudian klik “temp” lalu hapus semua file maupun folder yang tersimpan.

6. Ganti DNS

Pada wifi biasanya DNS akan didapatkan otomatis jika sudah tersambung dengan wifi tersebut. DNS sebenarnya bisa diatur agar tidak muncul otomatis namun diganti dengan cara manual.

Ketika ada kendala no internet access maka bisa diatasi dengan cara mengganti DNS wifi. Cara ini memang belum banyak digunakan namun terbukti efektif untuk mengatasi kendala pada akses internet.

7. Reset IP di CMD

Perlu diketahui command prompt bisa dimanfaatkan untuk memperbaiki berbagai error pada windows. Termasuk untuk memperbaiki koneksi internet yang bermasalah dengan menggunakan perintah khusus.

  1. Pertama ketik CMD pada kolom search
  2. Klik kanan CMD
  3. Pilih Run as Administrator
  4. Ketika perintah “ipconfig / flushdns”
  5. Enter

Lalu masukkan perintah satu per satu sambil tekan enter:

  1. Nbtstat-R
  2. Nbtstat-RR
  3. Netsh int ip reset c:\resetlog.txt
  4. Netsh Winsock reset
  5. Restart perangkat

Jika semua cara mengatasi no internet sudah dicoba semua namun tetap tidak bisa konek maka hubungi provider. Karena bisa jadi provider yang sedang bermasalah sehingga bisa segera diatasi.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *