Kenapa Power Supply Berbunyi? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

  • Whatsapp
kenapa power supply berbunyi

Komputer sudah menjadi alat yang tidak lepas dalam kehidupan di era digital saat ini. Tidak heran jika banyak dari Anda yang menggunakannya hampir setiap hari, dan menemui beberapa kendala pada komputer tersebut.

Salah satu kendala yang kerap kali muncul adalah suara bunyi bising power supply pada komputer. Beberapa dari Anda mungkin bertanya kenapa power supply berbunyi? Artikel ini akan menjawab pertanyaan itu.

Read More

5 Faktor dan Alasan Kenapa Power Supply Berbunyi

Saat sistem komputer yang sedang bekerja memang mengeluarkan suara. Namun apabila Power supply mengeluarkan bunyi yang terkadang mengganggu pendengaran, Anda perlu mewaspadainya.

Hal ini dikarenakan kemungkinan komputer Anda mengalami masalah sehingga mengeluarkan suara bising tersebut. Berikut ini terdapat beberapa penyebab kenapa power supply berbunyi.

1. Kipas pada Power Supply Tidak Bekerja Maksimal

Power Supply memiliki kipas yang bekerja selama komputer Anda digunakan. Namun ada saatnya kipas ini akan kotor dan berdebu, atau bahkan overheat layaknya sistem kipas pada pendingin ruangan yang menyebabkan tidak bekerja secara maksimal.

Akhirnya dari masalah itu pun, power supply berbunyi bising. Jadi sebaiknya bersihkan secara berkala kipas pada power supply tersebut, jika pemakaian komputer terbilang lama dan cukup sering.

2. Power Supply Lemah

Komputer membutuhkan power supply sebagai sumber tenaganya. Sebagai komponen penting, tentu power supply ini bekerja terus-menerus. Tidak heran jika komponen ini semakin lama akan lemah kinerjanya.

Sehingga dari melemahnya power supply tersebut menjadi penyebab dari kenapa power supply berbunyi. Untuk mengatasi masalah ini, sebaiknya kurangi pemakaian komputer atau beri jeda agar komputer Anda bisa istirahat bekerja sejenak. Jika memang power supply sudah mati total atau rusak, kemungkinan Anda harus membeli power supply yang baru.

3. Pemasangan Power Supply Kurang tepat

Power supply bunyi juga bisa disebabkan karena tidak terpasang dengan baik. Jika pemasangan power supply tidak tepat atau terbalik, akan menimbulkan suara bising nantinya ketika perangkat sudah digunakan. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda perhatikan dengan baik agar power supply terpasang rapat.

4. Optical Drive bermasalah

Adanya masalah pada optical drive juga bisa menjadi penyebab kenapa power supply berbunyi. Optical drive yang memiliki fungsi untuk membaca CD atau DVD pada komputer, membuatnya menjadi salah satu optic sensitif.

Jika tidak mengalami masalah, optical drive ini akan bekerja secara halus. Namun apabila saat bekerja terdengar suara berisik power supply, Anda harus memperbaiki atau bahkan mengganti optical drive yang bermasalah tersebut.

5. Speaker dan LCD Komputer

Bunyi suara yang muncul saat komputer Anda sedang berjalan juga bisa disebabkan karena adanya masalah pada speaker dan LCD. Penyebabnya biasa ditemukan pada arus listrik yang tidak stabil. Oleh sebab itu, untuk mengatasi masalah tersebut sebaiknya Anda melakukan pengecekkan pada kabel-kabel komputer.

Baik kabel yang menyambung ke speaker maupun ke LCD. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat kabel-kabel yang bermasalah, sehingga membuat arus listrik tidak stabil dan menimbulkan suara yang mengganggu.

Jadi itulah 5 penyebab kenapa power supply berbunyi. Sebagai pengguna komputer, sebaiknya Anda bisa lebih memperhatikan dan merawatnya. Sehingga dengan begitu aktivitas Anda juga tidak terganggu dengan adanya masalah-masalah yang menyebabkan bunyi bising pada komputer tersebut.

Jika beberapa cara mengatasi masalah tersebut Anda tidak bisa melakukannya sendiri atau ragu, bisa langsung dibawa ke tempat servis atau pada ahlinya saja.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *