5 Cara Menjadi Teknisi Komputer yang Handal dan Profesional

  • Whatsapp
Cara Menjadi Teknisi Komputer

Cara menjadi teknisi komputer kini banyak dicari oleh setiap orang yang punya hobi di bidang komputerisasi. Pencarian ini dilakukan karena pekerjaan ini bisa menjadi sampingan yang nantinya bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Untuk bisa menguasai di bidang tersebut maka kamu perlu belajar banyak hal. Hal ini dilakukan karena untuk menjadi teknisi tidak hanya sebatas menginstal ulang komputer tetapi banyak juga hal lain yang perlu dikuasai.

Read More

Cara Menjadi Teknisi Komputer

Dengan menguasai semua itu maka kamu berpeluang menjadi teknisi yang handal dan profesional. Namun itu semua tidak mudah dan butuh kerja keras serta tips-tips khusus.

5 Cara Menjadi Teknisi Komputer Profesional dan Handal

Untuk menjadi teknisi yang profesional maka kamu bisa mengikuti beberapa cara berikut:

1. Join Forum Seputar Komputer

Kamu perlu masuk ke forum-forum yang didalamnya membahas seputar ilmu komputer. Untuk forumnya sendiri tidak harus formal melainkan bisa mencari yang via online. Cara ini cukup efektif karena bisa belajar setiap saat dan tidak membutuhkan biaya.

Namun jika kemampuan kamu lemah maka bisa mengikuti berbagai kursus terkait komputer tersebut. Dengan cara ini setidaknya kamu bisa memahami seperti apa saja komponen yang ada pada komputer tersebut.

2. Mempraktekkan Sendiri

Setelah kamu mengikuti forum dan mendapatkan ilmunya maka bisa dipraktekkan secara langsung. Kamu tidak menyiapkan komponen yang dibutuhkan lalu cobalah secara otodidak.

Untuk tahap awal, kamu bisa membongkar komputer sendiri yang ada di rumah. Jika belum paham terkait cara bongkar maka kamu bisa membuka Youtube dan mencari tutorialnya.

Dalam praktek sendiri ini bisa dilakukan secara bertahap dimana bagian awal membongkar dan kemudian mengganti komponen. Dengan cara ini maka kamu bisa cepat menjadi teknisi yang profesional.

3. Belajar Lewat Ebook dan Internet

Untuk menjadi teknisi, kamu juga bisa dengan belajar lewat ebook baik yang gratisan atau berbayar. Banyak sekali ebook yang menjelaskan tentang cara merakit dan bongkar komputer.

Jika cara itu belum diketahui secara pasti maka bisa belajar lewat video saja. Banyak sekali kursus online atau pelatihan yang didalamnya dijelaskan mulai dari tahap awal hingga akhir.

Semua cara seperti ini perlu kamu coba dan jika belum ada dana maka bisa cari yang gratisan. Rasanya Youtube dan Google adalah pilihan terbaik dan di dalamnya banyak sekali ilmu komputerisasi yang bisa dipelajari secara gratis.

4. Kerjasama dengan Distributor Hardware

Saat menjadi teknisi otomatis ada alat-alat yang perlu dibeli mulai dari komponen komputer hingga yang lainnya. Untuk itu, kamu bisa menjalin kerjasama dengan beberapa distributor terdekat.

Dengan cara ini maka setiap kali kamu membeli hardware akan mendapatkan potongan harga. Ini jelas menjadi keuntungan tersendiri apalagi jika sudah menjadi pelanggan tetap tentu harganya akan lebih murah.

5. Koleksi Software

Sebagai seorang teknisi maka memiliki koleksi software adalah suatu hal yang penting dilakukan. Untuk itu, kamu bisa membeli software tersebut atau mengunduhnya secara gratis di internet.

Setelah itu semua software tersebut di simpan di flashdisk agar lebih mudah saat akan digunakan nantinya. Untuk software ini umumnya meliputi Microsoft Office, Gom Player, dan yang lainnya.

Baca Juga: Biaya Service Laptop Mati Total yang Wajib Diketahui Oleh Teknisi Laptop dan Komputer

Dari sekian cara menjadi teknisi komputer ini pada intinya adalah kemampuan dalam membongkar dan menginstall perangkat tersebut. Untuk itu sebagai tahap awal maka kamu perlu belajar baik lewat kursus atau otodidak. Jika perlu kamu bisa membeli berbagai buku atau software untuk kebutuhan menjadi teknisi.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *