Harga Service Laptop dan Jenis Kerusakannya

  • Whatsapp
Harga Service Laptop

Ketika laptop atau PC mengalami error akan membuat kamu bingung dan tentunya harus diperbaiki. Untuk memperbaiki maka kamu perlu mengetahui harga service laptop secara keseluruhan.

Biaya service laptop ini berbeda-beda dan tergantung pada tingkat kerusakan pada perangkat tersebut. Jika kerusakannya cukup parah maka siap-siap kamu menanggung biaya yang cukup besar.

Read More

Untuk itu mengetahui biaya service ini perlu diketahui agar kamu tidak tertipu oleh pihak-pihak yang bertanggungjawab. Secara umumnya kerusakan ini bisa berupa software atau hardware.

Daftar Harga Service Laptop dan Tingkat Kerusakannya

Untuk kamu yang mengalami kerusakan pada beberapa bagian maka perlu mengetahui biaya servis dan berikut ulasannya:

Install Ulang

Ketika laptop terasa lambat tentu perlu ditangani secara cepat dan masalahnya adalah pada banyaknya data adware di dalamnya. Untuk mengatasi hal ini maka perlu dilakukan install ulang.

Untuk proses install ulang ini biayanya antara daerah berbeda dan kisarannya antara 50 ribu hingga 150 ribu rupiah. Perbedaan harga ini terkadang tergantung pada sistem operasi yang digunakan. Umumnya banyak orang yang meminta untuk install ulang Windows 7,8,10 dan 11.

Flash BIOS

Secara umumnya install ulang dan BIOS ini ada kemiripan karena sama-sama ada keterkaitan dengan sistem operasi di laptop. Bentuk perbedaannya jika install ulang itu menyimpan OS di hard drive sedangkan BIOS di motherboard.

Jika kamu memutuskan untuk melakukan flash BIOS maka tidak siapkan dana sebesar 100 ribu hingga 300 ribu. Biayanya lebih mahal karena untuk melakukan flash cukup rumit. Selain itu, teknisi komputer umumnya membutuhkan alat khusus untuk melakukan proses tersebut.

Ganti LCD Laptop

LCD laptop tergolong salah satu kerusakan pada perangkat yang tergolong cukup parah. Penyakit yang sering timbul dari LCD bisa karena bergaris, buram, pecah dan gangguan lainnya di perangkat tersebut.

Jika terjadi kerusakan seperti ini maka kamu perlu menggantinya dengan yang baru. Untuk penggantian ini cukup beragam karena tergantung pada ukuran layar dan merk dari LCD tersebut.

Umumnya penggantian LCD baru dan termasuk pemasangan ini membutuhkan dana 700 ribu hingga 1,5 juta rupiah. Semakin lebar LCD pada perangkat maka harganya akan lebih mahal.

Speaker

Secara umumnya kerusakan pada speaker ini ada dua faktor mulai dari software dan speakernya sendiri. Kedua kerusakan ini dari sisi biaya servis perbedaannya cukup jauh.

Jika kerusakan ada pada sistem maka tinggal pasang ulang drivernya dengan biaya 50 ribu rupiah. Namun jika kerusakan itu mengharuskan kamu mengganti dengan yang baru itu butuh biaya 300 ribu. Biaya ini tergantung pada merk dari speaker yang kamu gunakan.

RAM

Salah satu indikasi ada kerusakan pada RAM adalah mengeluarkan tulisan setiap kali dinyalakan. Jika sudah seperti itu maka RAM perlu diganti dengan yang baru agar bisa digunakan seperti pada umumnya.

Untuk mengganti RAM ini biayanya cukup beragam dan jika kapasitasnya 2GB mulai dari 250 ribu. Sedangkan untuk RAM 4GB harganya mulai 400 ribu dan itu sudah termasuk biaya pemasangannya.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan jika harga service laptop ini cukup beragam dan tergantung pada kerusakan komponen. Tingkat kerusakan paling parah ada pada LCD dan membutuhkan biaya 700 ribu hingga 1,5 juta rupiah.

Kesimpulan

Diatas adalah contoh biaya service kerusakan laptop, namun untuk kerusakan lainnya berkisar antara 50 ribu hingga 400 ribuan. Hal ini perlu kamu ketahui agar ketika ada kerusakan komponen bisa mengira-ngira biaya yang akan dikeluarkan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *