Pengertian Baterai CMOS dan Jenis Jenisnya

  • Whatsapp
pengertian baterai cmos

Tak banyak yang tahu pengertian baterai CMOS. Bahkan, orang yang memiliki laptop ataupun komputer pun tidak tahu mengenai baterai ini. Kebanyakan dari mereka lebih mengerti mengenai softwarenya saja sehingga acuh terhadap perangkat hardwarenya. Untuk lebih jelasnya, simak uraian berikut:

Pengertian Baterai CMOS

Baterai CMOS memiliki ukuran yang kecil sehingga wajar saja jika banyak orang tidak mengetahui keberadaannya. Letaknya pun sedikit tersembunyi sehingga sering disepelekan keberadaannya. Padahal perangkat ini justru memberikan manfaat yang banyak bagi laptop ataupun komputer yang dimiliki.

Read More

Pengertian baterai CMOS adalah baterai yang mampu memberikan daya kepada BIOS meskipun tidak ada aliran listrik yang dialirkan oleh motherboardnya. Nantinya sistem akan tetap menyimpan fungsi serta pengaturannya pada sistem BIOS tersebut sehingga tidak akan hilang dalam sekejap saja.

Baterai CMOS ini mampu menyimpan informasi yang terkait dengan tanggal dan waktu. Meskipun nantinya laptop tersebut dimatikan, maka sistem BIOS pun tidak akan kehilangan semua data yang sudah disimpan di dalam perangkat tersebut. Mengingat pentingnya perangkat ini, maka harus berhati-hati menjaganya.

Jenis Baterai CMOS

Setelah memahami pengertiannya, maka pengguna laptop maupun komputer harus mengetahui lebih dalam mengenai jenisnya sehingga bisa mendeteksi baterai apa yang ada di laptop. Umumnya, terdapat 3 jenis baterai yang sekarang ini sudah dikembangkan. Ketiganya memiliki bentuk yang berbeda-beda, diantaranya:

1. Baterai CMOS Komputer

Perlu diketahui bahwa baterai jenis ini paling sering ditemukan pada laptop. Terkait dengan bentuknya pun mirip seperti baterai jam tangan. Pengguna yang ingin menemukan baterai CMOS ini ada pada komputer keluaran lama maupun keluaran yang terbaru.

Secara sekilas baterai ini memang kecil. Ciri khas yang membedakan antara baterai ini dengan baterai jam adalah bentuknya yang pipih dan bundar.

Bagi laptop yang keluaran lama biasanya masih menggunakan baterai jenis ini. Namun, memang paling banyak ada pada komputer. Menariknya, baterai ini bisa diganti apabila sudah mulai kehabisan daya.

2. Baterai CMOS IC/Chip

Pengguna laptop yang ingin menemukan baterai CMOS jenis IC/Chip bisa ditemukan pada laptop yang masih jadul. Untuk laptop keluaran baru lumayan jarang yang menggunakan baterai jenis ini karena mungkin sudah tidak bisa support laptopnya lagi.

Untungnya, modal yang dikeluarkan untuk membeli baterai ini tidaklah banyak. Bentuknya yang ramping dan bisa dimasukkan ke dalam laptop merupakan alasan pengembang laptop kecil menggunakan baterai CMOS tipe ini.

Dilihat dari bentuknya memang kecil dan slim sehingga wajar saja jika banyak pengembang yang masih melirik baterai ini untuk dimasukkan ke dalam laptopnya. Kekurangan yang dimiliki oleh baterai ini adalah meninggalkan bahang yang mampu merusak susunan sirkuit serta mengkonsumsi banyak daya ketika digunakan.

Alhasil, konsumsi listrik pun menjadi lebih besar jika dibandingkan dengan baterai lain. Terjadinya boros listrik ini yang menjadi pertimbangan mengapa baterai ini ditinggalkan.

3. Baterai CMOS Laptop

Bentuk dari CMOS ini terlihat lebih kecil dan dibungkus bahan yang terbuat dari plastik. Berhubung bentuknya yang kecil ini, maka beberapa orang tidak tahu keberadaannya.

Parahnya lagi, bentuknya kecil, letak tersembunyi, dan dibungkus pula sehingga sangat terpencil sekali. Terkait dengan fungsinya tentu sama dengan baterai pada umumnya.

Itulah pengertian baterai CMOS dan juga beberapa jenis baterainya yang wajib diketahui oleh pengguna laptop maupun komputer. Jadi, tak hanya perangkat yang terlihat saja yang harus diketahui, perangkat yang tersembunyi pun tidak boleh ditinggalkan karena memiliki peranan yang penting.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *