Pengertian OS Laptop dan Jenis-Jenis OS Paling Populer

  • Whatsapp
OS Laptop

Banyak orang belum atau bahkan tidak mengetahui apa sebenarnya pengertian OS laptop dan apa saja jenisnya. Padahal OS memiliki banyak fungsi yang dibutuhkan dalam pengoperasian laptop atau komputer.

Operating System atau OS menjadi istilah yang sudah didengar setiap harinya dan bahkan sudah biasa menggunakannya. Namun apakah Anda sudah memahaminya dengan benar dan tahu bagaimana cara kerja dan apa saja jenisnya?

Read More

pengertian os laptop

Mengenal Pengertian OS (Operating System) pada Laptop dan Komputer

Sistem operasi laptop adalah program yang digunakan untuk mengelola perangkat keras maupun perangkat lunak pada laptop. OS tidak hanya digunakan pada laptop saja namun juga pada komputer, smartphone, smartwatch dan perangkat lainnya.

Pada umumnya laptop hanya menggunakan satu jenis OS namun bisa diisi lebih dari satu jika dibutuhkan. OS ini menyediakan fitur serta aplikasi yang dibutuhkan untuk memudahkan pengerjaan menggunakan teknologi.

Fitur-fitur inilah yang membedakan pada masing-masing OS dengan keunggulan serta kekurangannya. Sementara jika dilihat dari segi fungsinya hampir sama yaitu untuk mengelola serta mengontrol software maupun hardware.

Semua OS pada laptop berfungsi untuk manajemen booting yaitu proses awal ketika laptop dinyalakan. Kemudian mengontrol serta mengelola memori yang ada pada laptop itu sendiri.

Sistem Operasi membantu dalam mengelola keamanan dengan tingkat keamanan berbeda pada masing-masing OS. Termasuk berfungsi mengelola semua tempat untuk penyimpanan data pada laptop.

Jika dilihat dari fungsinya yang sangat penting termasuk menyangkut keamanan data maka perlu menemukan OS Laptop terbaik. OS terbaik memang tidak memberikan jaminan 100% namun setidaknya Anda tidak sembarangan dalam memilih.

Ketahui apa saja jenis OS terbaik yang tersedia sehingga bisa memilih mana paling cocok untuk Anda. Karena mungkin saat ini yang diketahui hanya Windows padahal masih banyak jenis OS lainnya.

Jenis-Jenis OS yang Paling Banyak Digunakan

Macam-macam OS dibedakan berdasarkan fungsi dan cara kerjanya dimana ada 6 jenisnya. Berikut beberapa jenis OS yang paling sering digunakan dan tidak hanya Windows saja.

Windows

Windows merupakan OS yang paling banyak digunakan dan populer hingga ke berbagai negara dunia. Windows memiliki banyak fitur yang sangat mudah dipelajari oleh pemula dan lebih terjangkau dibanding OS lainnya.

Windows banyak diminati karena aplikasi yang disediakan cukup lengkap serta terus dikembangkan. Seperti aplikasi text, editing foto, video sampai game dengan banyak pilihan sesuai kebutuhan.

Windows pun juga banyak sekali jenis jenisnya, kamu bisa baca jenis jenis windows terlebih dahulu.

Mac

Mungkin Anda tidak asing dengan Mac yaitu OS yang tersedia pada komputer atau laptop merk Apple. Jenis ini cukup mahal dibanding lainnya dengan user interface lebih elegan dan lebih lengkap.

Memiliki kekurangan karena harganya cukup tinggi namun kelebihan utamanya dari segi keamanan tidak perlu diragukan.

Linux

Linux juga tidak kalah populer dimana sistem operasi satu ini memiliki sifat open source. Namun masih belum banyak yang menggunakan Linux karena dianggap lebih sulit untuk digunakan.

Linux lebih banyak digunakan oleh programmer dan para profesional karena berbagai fitur yang dimiliki. Linux sendiri memiliki software yang cukup terkenal yaitu Ms Word pada Windows.

MS DOS

Mungkin Anda masih asing dengan MS DOS karena memang tidak sepopuler Windows. MS DOS adalah Disk Operating System yang sebenarnya merupakan Windows versi lama.

DOS menjadi OS komputer yang pertama kalinya digunakan pada IBM dan terkenal sekitar tahun 1980’an. MS DOS memiliki keunggulan yaitu dari segi ukuran OS tidak terlalu besar dan ringan.

Masih banyak jenis OS yang bisa digunakan dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dengan memahami pengertian OS laptop dan mengetahui jenisnya membuat Anda bisa menemukan OS paling cocok.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *