Pengertian Softswitch, Fungsi, dan Konsep Kerja Softswitch

  • Whatsapp
pengertian Softswitch

Di dalam dunia teknologi, mungkin banyak yang sudah sering mendengar tentang softswitch. Meskipun sudah sering didengar, namun masih banyak orang yang kurang mengetahui pengertian softswitch ini dan bagaimana konsep kerjanya.

Oleh karena itu di sini akan dibahas tentang pengertiannya, fungsi dari softswitch, dan juga konsep kerja dari teknologi ini. Supaya pengguna dapat lebih mengetahui tentang teknologi ini, dan apa saja fungsi yang dimilikinya.

Read More

Pengertian Softswitch

Seperti yang dikatakan tadi kalau di sini akan dibahas tentang pengertian dari softswitch, baik itu pengertian softswitch class 4 maupun yang biasa. Jadi softswitch ini merupakan perangkat lunak yang fungsinya adalah mengontrol panggilan di jaringan IP.

Pertama kali perangkat lunak ini diperkenalkan dan dikembangkan oleh ISC (international Softswitch Consortium). Alat ini identik dengan sebuah alat yang mampu menghubungkan antara jaringan sirkuit dengan paket, termasuk PSTN (Public Switch Telephone Network), dan juga IP.

Baca Juga: Pengertian VLAN, Jenis Jenis, dan Kelebihannya

Softswitch termasuk dalam sistem telekomunikasi masa depan yang mampu memenuhi kebutuhan atau keinginan pelanggan. Alat ini mampu memberikan layanan triple play  dalam satu waktu, yakni layanan ini merupakan layanan teknologi berbasis tingkat tinggi.

Di dunia teknologi sendiri, softswitch ini lebih dikenal dengan IP-PBXi, dan juga jaringan komunikasi di masa depan. Jelasnya akan terbagi menjadi dua yakni berbasis jaringan PSTN dan juga berbasing jaringan VoIP.

4 Fungsi Softswitch yang Biasa Dipakai

fungsi Softswitch

 

Secara umum ada 4 fungsi softswitch yang utama, dimulai dari switching sampai interface semuanya diatur dalam teknologi ini. Supaya lebih jelas memahami apa saja fungsi dari aplikasi ini, berikut adalah penjelasannya satu persatu.

1. Memiliki Fungsi Switching 

Salah satu fungsi paling penting dalam hal telekomunikasi. Dengan adanya fungsi ini, komunikasi point-to-point dapat dilakukan secara tidak langsung, jadi pengguna tidak perlu melakukan hubungan langsung diantara kedua node tersebut.

2. Fungsi Kontrol

Fungsi yang satu ini dilakukan oleh MGC atau Media Gateway Controller yang bekerja untuk memvalidasi, mengarahkan, dan sebagai penyedia akses bagi pengguna. Selain itu juga dapat membuat rute sinyal ke jaringan PSTN.

3. Persinyalan

Signalling atau fungsi persinyalan diinstrusikan antara Media Gateway Controller atau MGC. MGC ini memakai protokol Magaco, H.32 dan juga SIP, baik itu persinyalan antara PSTN dan juga IP keduanya memakai jaringan point-to-point.

4. Interface

Alat ini juga mempunyai interface (antar muka) yang disebut dengan API (Application Programming Interface). Teknologi ini mampu untuk menambahkan atau mengembangkan server-server yang digunakan untuk menambahkan layanan baru untuk kepentingan telekomunikasi.

Konsep Kerja dari Server Softswitch 

Setelah mengetahui apa saja pengertian softswitch, dan juga fungsi yang dimilikinya maka sekarang saatnya untuk memahami konsep kerja dari alat ini. Supaya pengguna lebih memahami dengan baik tentang alat ini, dan bagaimana konsep kerja yang dimilikinya.

Jadi softswith ini memiliki konsep kerja yang merupakan kumpulan dari beberapa perangkat protokol dan juga aplikasi. Hal tersebut memungkinkan perangkat lain dapat mengakses layanan internet atau telekomunikasi dengan basis jaringannya adalah IO.

Seluruh prosesnya dilakukan dengan menjalankan piranti lunak di dalam suatu sistem komputer. Tujuannya untuk menjamin kinerja komunikasi, dan juga jaringan internet ini dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan fungsi utama dari softswitch ini.

Konsep kerjanya secara kesimpulan merupakan gabungan dari beberapa komponen untuk kemudian bersama-sama menciptakan hasil yang baik, dan dapat menghubungkan beberapa jaringan untuk kepentingan telekomunikasi.

Jadi, setelah membaca tentang pengertian softswitch ini, dan memahami bagaimana konsep kerjanya pengguna sudah mulai memahami bagaimana proses telekomunikasi berlangsung. Dengan begitu dapat lebih paham dengan baik.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *