Pengertian Wipe Data, Fungsi & Cara Aman Melakukan Wipe Data

  • Whatsapp
Pengertian Wipe Data

Untuk mengatasi masalah tertentu pada ponsel atau perangkat lainnya, wipe data menjadi salah satu solusi efektif untuk mengatasinya. Namun, sebelum Anda menghilangkan data-data penting, pahami dengan baik  pengertian wipe data.

Karena ini terkait dengan cara untuk melakukan reset pabrik pada perangkat seperti ponsel atau yang lainnya. Jika tidak, Anda bisa kehilangan semua data penting.

Read More

Selanjutnya Anda akan mengetahui semua hal tentang wipe data, termasuk mengapa Anda membutuhkan wipe data serta cara aman dan mudah melakukan wipe data di iOS dan Android.

Apa itu Wipe Data?

Data adalah kumpulan informasi yang terdiri dari huruf, gambar, dan angka yang tersimpan dalam sebuah perangkat. Sementara wipe memiliki arti menghapus. Jadi, wipe data merupakan proses penghapusan data secara menyeluruh.

Pada perangkat seperti ponsel, wipe data dikenal juga dengan factory reset, yaitu cara melakukan reset pabrik pada perangkat android, termasuk seluruh data yang ada di setiap aplikasi.

Ini penting ketika Anda mempertimbangkan untuk menjual ponsel dan ingin melindungi data pribadi atau untuk menyelesaikan beberapa masalah.

Bahkan, wipe data akan menghapus semua aplikasi pada perangkat termasuk data dan informasi yang terkait dengan setiap aplikasi. Ini benar-benar memberi Anda awal yang bersih seperti pertama kali Anda membelinya.

Namun, wipe data tidak mempengaruhi kartu SD, jadi, data apapun yang tersimpan tetap aman dan utuh. Pembersihan ini hanya berlaku untuk penyimpanan internal.

Ingat, cara ini dapat menghapus data Anda di penyimpanan internal secara permanen. Maka dari itu, pertimbangkan untuk membuat cadangan terlebih dahulu sebelum melakukan wipe data.

Kelebihan Wipe Data

Melakukan wipe data untuk mengembalikan ponsel ke setelan pabrik, memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan, yaitu.

Mengoptimalkan Kinerja Perangkat

Wipe data bisa menjadi solusi terbaik ketika perangkat mengalami error atau performanya melambat. Karena cara ini sangat efektif membersih perangkat dari virus dan memulihkan perangkat seperti semula, sebelum banyak file sampai virus menumpuk di dalamnya.

Karena tanpa Anda sadari, setiap kali Anda mengakses berbagai halaman atau file, sangat rentan meninggalkan jejak di perangkat. Jejak ini yang terkadang menjadi penyebab menurunnya kinerja perangkat.

Memberi Anda Lebih Banyak Ruang Penyimpanan

Seperti yang telah dijelaskan, wipe data merupakan sistem penghapusan. Sistem penghapusan ini akan menghapus semua yang tersimpan di penyimpanan internal, termasuk aplikasi beserta data-datanya.

Maka itu artinya, wipe data juga menghilangkan file tidak berguna dan memberikan lebih banyak ruang penyimpanan yang kosong.

Untuk Keamanan Data Pribadi

Jelas, jika menghapus data akan mengamankan data Anda dari pemilik perangkat Anda setelah Anda. Dengan cara ini, pemilik baru tidak akan bisa mengakses atau menyalahgunakan data pribadi Anda yang sebelumnya tersimpan.

Pembersihan dari Virus dan Malware

Menghapus data perangkat secara keseluruhan juga sekaligus menghapus virus dan malware lainnya. Ini tentu efektif untuk mengatasi error yang terjadi pada sistem yang disebabkan oleh serangan virus.

Kekurangan Wipe Data

Wipe data akan menghapus semua data atau file baik itu berupa dokumen, foto, video atau yang lainnya.

Lalu, apakah wipe data menghapus semua data Anda?

Apakah menggunakan Factory Reset untuk melakukan wipe data membuat data Anda benar-benar terhapus?

Sebenarnya tidak.

Karena wipe data atau Factory Reset hanya membuat data menjadi tidak terbaca atau tersembunyi sehingga tidak terlihat. Aritnya, data masih dapat dipulihkan dengan bantuan tool.

Proses ini adalah dengan menutup data pada hard drive sehingga data asli tidak dapat dibaca. Jadi sebenarnya, Anda masih bisa menggunakan kembali data yang asli.

Lalu bagaimana membuat data benar-benar terhapus dari ponsel sehingga tidak akan terlihat lagi. Terlebih jika ponsel sudah berganti pemilik dan berada ditangan yang salah.

Hal ini bisa berbahaya untuk data pribadi Anda yang pernah Anda gunakan pada perangkat tersebut.

Bagaimana Cara Aman Melakukan Wipe Data?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, backup data penting Anda terlebih dahulu sebelum melakukan wipe data.

Setelah itu, berikut cara aman melakukan wipe data supaya data tidak bisa diakses lagi:

Mencadangkan Data

Mungkin Anda berniat untuk benar-benar menghapus semua data yang ada di ponsel. Namun akan lebih baik jika Anda membackup data Anda yang kemungkinan ada data penting yang terhapus secara tidak sengaja.

Untuk itu Anda bisa mencegah kehilangan data-data tersebut dengan opsi ini:

  • Mencari fitur Backup and Restore di perangkat android
  • Menggunakan aplikasi seperti Titanium Backup

Bahkan jika suatu hari Anda mencari cara mengembalikan wipe data, cara ini hanya bisa dilakukan jika Anda sudah mencadangkan data Anda.

Enkripsi Ponsel

Jangan lupa enkripsikan ponsel Anda supaya data menjadi acak-acakan sehingga tidak bisa dibuka atau sulit untuk disusun lagi. Dengan demikian, maka pengguna ponsel Anda yang baru tidak akan bisa mengakses data Anda.

Caranya adalah dengan membuka ‘Pengaturan’ dan memilih menu ‘Security’. Selanjutnya gulir terus ke bawah untuk menemukan opsi ‘Enkripsi’ dan klik.

Lakukan cara ini sebelum Anda pergi ke Factory Reset.

Masukkan File Sampah atau Data Palsu

Cara selanjutnya yaitu dengan menumpuk data ponsel Anda dengan file sampah atau data tidak penting. Seperti video, foto, nomor kontak palsu, dokumen tidak berguna dan yang lainnya.

Dengan memasukkan berbagai file maka Anda akan membuat data-data penting tenggelam sangat jauh.

Menghapus Kontak

Apabila Anda berniat menyertakan atau menyerahkan ponsel Anda berikut sama SIM Card atau SD Card, maka kosongkan. Format file di SD Card untuk menghindari adanya file yang tersimpan secara tidak sengaja.

Termasuk menghapus semua daftar kontak dan riwayat pesan di SIM Card jika Anda akan menyerahkan SIM Card Anda kepada orang lain.

Cara Melakukan Wipe Data di Perangkat Android dan iOS

Berikut cara mudah melakukan wipe data:

Melakukan Wipe Data di Perangkat iOS

Cara mudah melakukan wipe data pada perangkat iOS:

  • Nonaktifkan ‘Find My’
  • Buka ‘Pengaturan’
  • Pilih ‘Umum’ dan Anda akan masuk ke menu ‘Reset’
  • Selanjutnya klik ‘Hapus semua konten dan pengaturan’
  • Ketikkan password ponsel

Sekarang, Anda bisa memulai wipe data dengan memilih opsi ‘Hapus’.

Melakukan Wipe Data di Perangkat Android

Selanjutnya melakukan wipe data dengan menggunakan Factory Reset, caranya:

  • Buka ‘Pengaturan’
  • Cari menu ‘Backup & Reset’ lalu klik
  • Pilih opsi ‘Factory Data Reset’

Selanjutnya ponsel akan secara otomatis menghapus semua data dan ponsel kembali ke setelan pabrik sebelum digunakan.

Untuk mengamankan semua data yang telah terhapus, waktunya memasukkan berbagai macam file tidak berguna atau file sampah seperti yang telah dijelaskan sebelumnya supaya data penting Anda sulit untuk ditemukan.

Setelah melakukan penumpukan data tidak penting, waktunya melakukan Factory Reset kembali. Jadi, data penting Anda akan benar-benar tertimbun oleh data palsu.

Setelah memahami pengertian wipe data, sekarang Anda tahu mengapa melakukan wipe data itu penting dan bagaimana cara aman melakukan wipe data supaya tidak dapat diakses orang lain.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *