Cara Mengatasi Laptop Tiba-Tiba Locking Lalu Mati Secara Otomatis

  • Whatsapp
laptop tiba tiba locking

Laptop merupakan perangkat yang paling sering digunakan untuk bekerja karena bisa dibawa kemana. Saat digunakan, laptop tidak selamanya bekerja dengan baik dan terkadang ada berbagai masalah yang sifatnya mendadak.

Seperti laptop tiba-tiba locking lalu beberapa waktu kemudian mati secara otomatis atau shutdown. Permasalahan seperti ini harus segera diatasi agar kamu bisa bekerja maksimal di depan perangkat tersebut.

Read More

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi laptop yang tiba-tiba terkunci itu. Kamu bisa mencoba salah satu di bawa ini hingga perangkat tersebut bisa dioperasikan seperti biasanya.

Terbukti! Cara Atasi Laptop Tiba-Tiba Locking Lalu Shutdown Otomatis

Ketika laptop tiba-tiba terkunci maka kamu bisa melakukan langkah-langkah berikut untuk mengatasinya:

1. Istirahatkan Baterai

Sering ditemui laptop yang digunakan hampir 24 jam sehingga baterai pada perangkat sering terjadi masalah. Hal seperti ini menjadi menjadi timbulnya masalah laptop yang tiba-tiba terkunci dan tidak bisa digunakan.

Untuk itu, kamu perlu mengistirahatkan baterai untuk beberapa waktu. Untuk laptop yang menggunakan baterai tanam maka bisa istirahat untuk tidak menggunakan perangkat tersebut.

Untuk durasinya sangat fleksibel dan tergantung kemampuan laptop yang kamu gunakan. Untuk lebih bagusnya, kamu bisa istirahat tidak menggunakannya dalam waktu 1 jam atau lebih setiap harinya.

2. Mengecek Kabel Power

Kabel power digunakan untuk mengisi daya baterai ke laptop dari listrik yang kamu gunakan. Ketika kabel ini bermasalah maka proses pengisian tidak akan berhasil dan ini yang akhirnya bisa membuat laptop mati sendiri.

Untuk itu, kamu bisa mengecek bagian ini baik dari ada bagian yang putus atau yang lainnya. Untuk memudahkan, kamu bisa melakukan checking dengan multimeter agar hasilnya maksimal.

Jika ditemukan ada masalah maka kamu bisa membeli kabel power yang baru. Dalam membeli aksesoris tersebut disarankan menggunakan yang asli agar lebih tahan lama atau awet.

3. Membersihkan atau Mengganti RAM

RAM merupakan salah satu komponen yang punya peran besar untuk menampilkan segala sesuatu pada layar. Untuk itu, ketika laptop terkunci dan tidak muncul gambar pada layar maka bisa saja karena terjadi masalah pada RAM.

Untuk tindakan pertama, kamu bisa membuka laptop kemudian mengambil RAM tersebut untuk dibersihkan. Untuk hasil maksimal, kamu perlu membersihkan bagian ini dengan hati-hati agar tidak menimbulkan masalah baru.

Jika dibersihkan hasilnya masih tetap tidak berfungsi maka kamu bisa menggantinya dengan yang baru. Dalam proses penggantian ini, kamu perlu membeli perangkat yang original dari toko resmi di offline atau online.

4. Permasalahan Software

Laptop terkunci lalu tiba-tiba shutdown terkadang diakibatkan oleh software yang ada di perangkat. Umumnya software tersebut butuh update atau ada beberapa bagian yang mungkin bermasalah.

Karena software yang bermasalah tidak dapat diketahui maka perlu tindakan reset ulang. Jadi kamu bisa melakukan install ulang para laptop dan semua software yang ada di dalamnya akan terhapus.

Dengan cara seperti ini maka laptop yang kamu miliki settingannya seperti baru lagi. Namun resikonya, kamu perlu menginstal semua software yang sebelumnya terpasang di perangkat tersebut.

5. Virus Laptop

Virus yang ada pada PC atau laptop mampu mengganggu dan mematikan perangkat yang terserang. Dengan demikian laptop yang terserang oleh virus bisa saja mengalami locking kemudian mati dengan sendiri.

Untuk itu, kamu perlu menghindari adanya virus tersebut ke laptop agar tidak terjadi permasalahan seperti di atas. Untuk antisipasinya adalah tidak menginstal program yang bukan dari situs resminya.

Selain itu, kamu juga bisa mengatasi hal ini dengan cara memasang anti-virus gratis atau berbayar. Dengan bekal tersebut maka semua virus tersebut tidak akan menyerang laptop ketika dioperasikan.

6. Perangkat Lunak yang Kadaluarsa

Proses terkuncinya laptop bisa juga diakibatkan oleh beberapa perangkat yang terpasang. Untuk perangkat ini bisa karena prosesor, chipset, atau beberapa bagian lain yang ada di laptop.

Untuk itu, kamu perlu mengganti perangkat lunak tersebut dengan yang baru. Untuk proses pembeliannya, kamu bisa membeli perangkat tersebut dari toko resmi agar mendapatkan aksesoris yang original.

Setelah dilakukan pembelian maka pemasangan juga perlu hati-hati dan pastikan kompatibel. Jika tidak demikian maka bisa saja menjadi masalah dimana laptop tersebut akan terkunci dan mati secara otomatis.

7. Kesalahan Sistem Operasi

Untuk permasalahan lain yang bisa menyebabkan laptop mati dengan sendirinya adalah karena sistem operasi. Umumnya kesalahan tersebut karena pengguna bermain-main dengan BIOS atau driver.

Solusinya adalah bisa meminta bantuan teman ketika kamu tidak mengetahui sepenuhnya permasalahan BIOS tersebut. JIka tidak memungkinkan maka kamu bisa datang ke service center untuk menangani hal ini.

Sedangkan untuk kesalahan instal driver bisa diatasi dengan melakukan install ulang Windows. Dengan demikian maka seluruh driver akan di uninstall dan kamu bisa melakukan instalasi ulang pada driver tersebut.

Secara keseluruhan, laptop tiba-tiba locking dapat diatasi dengan salah satu cara yang disebutkan diatas. Kamu dapat mengetahui dulu penyebabnya lalu lakukan tindakan sesuai penjelasan di bagian atas.

Jika masalah tersebut belum juga teratasi maka bisa langsung datang ke servis laptop yang terpercaya. Pastikan teknisi yang ada di dalamnya benar-benar ahli akan tidak timbul masalah baru.

Masih belum berhasil? mungkin kamu harus melakukan service laptop, berapa sih biayanya? Simak artikel ini ya, Berapa Biaya Service Laptop Mati Total? Untuk Semua Merek

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *