4 Tips Membeli Power Supply yang Bagus, Biar Nggak Salah Beli

  • Whatsapp
tips membeli power supply

Tips membeli Power Supply memang diperlukan. Power Supply atau biasa disebut dengan PSU adalah salah satu komponen yang dibutuhkan komputer. Komponen ini seringkali tidak diperhatikan kualitasnya oleh para perakit komputer, padahal peran dari PSU sendiri sangat penting bagi penggunaan komputer secara optimal.

Power Supply atau PSU merupakan komponen untuk menyimpan daya listrik agar komponen inti yang ada di dalam komputer kamu dapat hidup dan beroperasi dengan lancar.

Read More

Tanpa adanya komponen ini dapat dipastikan komputer kamu tidak akan bisa digunakan karena tidak mendapatkan supply atau arus listrik sebagai tenaganya.

Karena peran yang sangat penting inilah mengapa kamu harus memperhatikan beberapa tips memilih Power Supply baik, pastikan kamu membeli yang sesuai dengan kebutuhan komputer kamu.

Jika kamu masih kebingungan untuk memilih PSU yang tepat, baca artikel ini untuk membantumu menemukan Power Supply yang sesuai untukmu.

4 Tips Memilih Power Supply Dalam Komponen Komputer

Dilansir dari berbagai sumber, tips membeli Power Supply atau PSU yang tidak tepat akan menimbulkan beberapa masalah bagi komputer kamu, diantaranya adalah:

1. Mengetahui Daya Komputer Terlebih Dahulu

Tips memilih Power Supply penting pertama yaitu mengetahui daya. Sebelum memutuskan untuk membeli, hal pertama yang kamu harus lakukan adalah mengetahui dulu berapa besar daya yang dibutuhkan pada komputer kamu. Cara mengetahui daya yang dibutuhkan yaitu, kamu bisa mengakses situs Power Supply Calculator dari Cooler Master di pencarian.

Kemudian kamu tinggal memasukkan versi komponen yang digunakan di komputer kamu. Beberapa komponen diantaranya adalah CPU, GPU, RAM, dan sebagainya.

Setelah kamu memasukkan semua datanya nanti akan muncul dengan sendiri berapa besar daya yang kamu butuhkan untuk Power Supply mu pada kolom Your Recommended PSU Wattage.

2. Jangan Cari yang Murah

Salah satu tips memilih Power Supply bagus yaitu jangan beli yang murahan. Kualitas akan sebanding dengan harga yang diberikan. Sama halnya ketika kamu membeli Power Supply komputer.

Dengan memakai PSU yang agak mahal, pada umumnya akan menjamin kualitas dan daya pakai dari Power Supply yang kamu beli.

Biasanya harga yang dibanderol untuk PSU sendiri berdasarkan besaran watt yang dibeli. Semakin tinggi watt-nya maka semakin mahal pula harganya.

3. Cari Dari Merk yang Terpercaya

Tips memilih Power Supply awet selanjutnya adalah, jangan asal pilih dari merk mana saja yang kamu suka tapi pilihlah Power Supply dari merk yang sudah terkenal dan terpercaya. Ada beberapa merk yang direkomendasikan karena kualitasnya yang sudah terbukti seperti Cooler Master, Super Flower, Seasonic, dan lainnya.

Merk tersebut di atas telah terbukti dan memiliki nilai lebih dari 80 untuk efisiensi nya dan memiliki sertifikat. Semakin tinggi nilai efisiensi maka pemakaian daya yang diperlukan oleh Power Supply aman lebih sedikit dan irit.

4. Beli PSU Baru

Membeli PSU yang bekas sangat tidak disarankan karena meskipun komponen itu tampak masih bagus dan spesifikasinya lengkap namun kamu tidak tahu apa yang telah terjadi ke Power Supply itu sebelumnya.

Bisa saja PSU itu telah tersambar petir atau tidak mendapat aliran listrik yang stabil. Hal itu tentu akan mempengaruhi masa pakai PSU secara drastis. Untuk itu berdasarkan tips memilih Power Supply tahan lama yang satu ini penting sekali.

Itulah 4 tips membeli Power Supply yang bagus untuk komputer agar komputer tidak cepat rusak dan dapat menghemat daya yang digunakan untuk komputer.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *