Kenapa Laptop Tidak Bisa Dimatikan Memakai Menu Shutdown?

  • Whatsapp
laptop tidak bisa dimatikan

Banyak pertanyaan muncul, kenapa laptop tidak bisa dimatikan? Padahal sudah menggunakan menu shutdown seperti biasa namun tetap tidak mau mati.

Perlu diketahui semua jenis barang-barang elektronik termasuk laptop sangat wajar jika mengalami error. Baik dari error ringan maupun serius yang membutuhkan penanganan secara khusus.

Read More

Kali ini akan dibahas permasalahan laptop yang tidak bisa dimatikan dari penyebab hingga cara mengatasinya. Sehingga ketika Anda mengalami kendala seperti ini bisa segera diatasi dan tidak akan mengganggu lagi.

laptop tidak bisa dimatikan

Penyebab Laptop Tidak Bisa Mati Setelah di Shutdown

Untuk menjawab pertanyaan Anda maka akan dibahas dulu penyebab laptop tidak mau mati setelah di shutdown. Ada beberapa penyebab yang perlu diperhatikan seperti pengaruh Registry Fast Shutdown masih aktif.

Bisa juga disebabkan pengaturan BIOS pada laptop bukan settingan default jadi tidak bisa di shutdown. Termasuk jika ada program yang masih berjalan maka harus ditutup dulu programnya baru dimatikan.

Perlu diperhatikan juga terkadang menginstall antivirus untuk melindungi perangkat dari virus berbahaya yang dapat merusak laptop. Namun terlalu banyak antivirus justru membuat laptop bermasalah dan tidak bisa dimatikan.

Penyebab lai kemungkinan dari Device Driver adanya kerusakan atau konflik antar driver sehingga harus diperbarui.

Cara Mengatasi Laptop yang Tidak Bisa di Shutdown

Mengalami kendala pada proses shutdown yang membuat laptop tidak mau mati merupakan error ringan. Maka hanya perlu cara mengatasi laptop tidak bisa mati tombol power dengan beberapa langkah mudah.

1. Tekan ALT + F4

Mungkin Anda tidak asing dengan cara ini dan memang biasa digunakan untuk mematikan laptop memakai keyboard. Selain tidak perlu mencari menu shutdown, proses loading jauh lebih cepat sehingga bisa segera mati.

Ternyata menekan ALT + F4 bisa juga dijadikan cara untuk mematikan laptop yang sedang bermasalah. Hanya perlu tekan saja dalam beberapa detik secara bersamaan maka akan mati secara otomatis.

2. Tekan CTRL + ALT + DEL

Jika cara mengatasi laptop tidak bisa di shutdown yang pertama tidak berhasil coba gunakan cara kedua ini. Tekan tombol kombinasi pada keyboard CTRL + ALT + DEL dan tahan dalam beberapa detik.

Tombol kombinasi ini biasanya akan membantu memunculkan menu logo untuk proses shutdown. Ketika menu sudah muncul maka segera shutdown secepat mungkin untuk menonaktifkan programnya.

3. Coba Tombol Windows

Masih ada cara mudah untuk dicoba yaitu dengan menggunakan tombol windows. Cukup tekan windows pada keyboard bagian kanan atau tombol dengan gambar ikon windows.

Setelah tombol windows ditekan kemudian klik tanda panah ke atas lalu ke kanan selanjutnya klik enter. Cara tersebut membuat laptop bisa mati otomatis dan ingat hanya bisa digunakan pada windows 7 dan windows XP.

4. Tekan Windows + U

Cara lain yang bisa digunakan adalah dengan menekan tombol kombinasi windows + U pada keyboard. Untuk cara ini harus menekan lebih lama sampai laptop mati dengan sendirinya.

5. Tekan Power

Cara kelima adalah dengan mematikan secara paksa jika beberapa cara diatas memang tidak berhasil. Cukup tekan tombol power di keyboard dalam waktu lama sampai keluar bunyi klek.

Kemudian lepas baterai dan biarkan beberapa saat untuk memberikan kesempatan laptop memperbaiki sistem. Cara ini jangan sering dilakukan karena dapat merusak laptop dan gunakan saat sudah mendesak.

Permasalahan laptop tidak mau mati memang sangat menyebalkan karena harus menunggu beberapa saat. Tidak heran jika banyak yang bertanya kenapa laptop tidak bisa dimatikan agar bisa mencari solusi terbaik.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *