6 Cara Mengatasi Laptop Stuck di Logo Sampai Kembali Normal

  • Whatsapp
cara mengatasi laptop stuck di logo

Pentingnya mengetahui cara mengatasi laptop stuck di logo agar bisa segera diatasi sendiri jika mengalami kendala seperti ini.

Pada umumnya ketika laptop dinyalakan maka proses booting akan otomatis dilakukan oleh OS windows. Namun ada juga kendala ketika laptop tidak bisa masuk ke OS windows dan stuck di logo.

Read More

cara mengatasi laptop stuck di logo

Cara Mengatasi Laptop Stuck di Logo Sampai Kembali Normal dengan Mudah

Kasus seperti ini kerap kali disebut dengan gagal booting dan memang sudah sangat sering terjadi pada beberapa versi windows. Penyebabnya bisa jadi karena RAM mengalami kerusakan, hardisk bermasalah atau OS tidak kompatibel.

Maka harus segera diatasi agar tidak mengganggu pekerjaan Anda, dengan menggunakan beberapa cara berikut ini.

Hard Reset dan Diamkan Sementara

Cara pertama untuk bisa mengatasi masalah laptop stuck di lockscreen adalah dengan hard reset. Tujuannya untuk memberikan kesempatan laptop merefresh sistem sehingga error atau bug ringan bisa membuat windows stuck hilang.

Cara melakukan hard reset dengan hidupkan laptop dulu kemudian masuk ke logo dan stuck disitu. Selanjutnya tekan tombol power tahan beberapa detik sampai mati kembali dan berbunyi klek.

Lepaskan baterai dan semua perangkat yang terhubung kemudian tekan tombol power setidaknya 45 detik. Jika sudah didiamkan dulu beberapa menit kemudian pasang kembali baterai dan coba hidupkan lagi.

Scan Virus dengan Fitur Safe Mode

Virus kerap kali menjadikan berbagai kendala pada laptop baik kerusakan ringan hingga berat. Virus yang menginfeksi sistem operasi dapat membuat kerusakan file atau file corrupt.

Termasuk windows stuck di logo bisa juga karena diserang virus yang menyebabkan OS windows error. Sehingga harus segera dibersihkan dengan scanning virus melalui fitur safe mode.

Fitur safe mode menjadi pilihan terbaik karena tidak bisa masuk ke OS windows seperti saat keadaan normal. Segera lakukan pembersihan agar virus bisa segera diatasi dan tidak menyebabkan kerusakan lebih parah.

Reset BIOS

Beberapa cara mengatasi laptop stuck di wallpaper di atas sering kali sudah berhasil untuk mengatasi masalah tersebut. Namun kalau memang laptop Anda tidak ada perubahan maka bisa menggunakan cara reset BIOS. Untuk itu, kamu harus bisa masuk BIOS terlebih dahulu.

BIOS yang bermasalah baik disebabkan kesalahan pengaturan maupun hal lain dapat menyebabkan windows stuck di logo. Cara mengatasinya dengan kembalikan pengaturan BIOS pada laptop seperti posisi default.

Dengan mereset BIOS ke pengaturan awal dapat membantu booting bisa normal kembali. Untuk cara melakukan booting, kami sudah membahasnya di artikel lain.

Repair Windows

Metode yang bisa dicoba selanjutnya yaitu repair windows pada menu setting di laptop. Cara ini bisa digunakan untuk memperbaiki OS windows yang mengalami kerusakan atau sering disebut file corrupt. Kamu bisa baca lebih lanjut soal cara mengatasi repairing windows.

Langkah-langkah yang harus dilakukan tidaklah sulit, pertama hidupkan laptop terlebih dahulu. Ketika proses booting tekan F11 secara berulang agar bisa masuk ke Advance Startup Options.

Setelah muncul halaman Choose and Options kemudian pilih Troubleshoot lalu Advanced Options. Disitu ada pilihan Startup Repair lalu klik saja untuk memproses perbaikan pada sistem windows.

  1. Hidupkan laptop
  2. Ketika proses booting, tekan F11 secara berulang
  3. Kemudian akan masuk ke Adavance Startup Options
  4. Pilih Troubleshoot
  5. Pilih Advanced Options
  6. Terakhir, klik Startup Repair
  7. Selesai

Restore System Memakai Safe Mode

Cara kelima mengatasi laptop stuck di logo Acer yaitu dengan menggunakan fitur System Restore. Namun mengakses fitur ini sebaiknya memanfaatkan Safe Mode atau sistem windows basic.

Caranya cukup dengan tekan tombol windows + R dalam beberapa detik kemudian ketik CMD lalu enter. Proses ini terbukti efektif membantu mengatasi masalah stuck di logo dan tidak menimbulkan kendala lain.

  1. Tekan tombol Windows + R
  2. Ketik CMD, tekan enter

Install Ulang Windows

Cara terakhir yang bisa dilakukan jika beberapa cara di atas tidak bisa mengatasi masalah ini adalah dengan install ulang windows. Install ulang windows dapat mengatasi berbagai jenis kendala pada laptop.

Sebaiknya pilihan install ulang dilakukan paling akhir karena prosesnya cukup panjang dan harus backup data. Jadi coba cara mengatasi laptop stuck di logo satu per satu untuk mendapatkan solusi terbaik.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *