Penyebab dan Cara Mengatasi Black Screen Pada Laptop

  • Whatsapp
cara mengatasi black screen

Black screen kerap kali menjadi masalah yang paling sering dialami oleh pengguna laptop. Tidak heran jika informasi mengenai bagaimana cara mengatasi black screen paling banyak dicari. Apalagi masalah layar laptop mati tapi mesin nyala.

Perlu diketahui black screen terkadang terjadi karena hal-hal sepele sehingga bisa coba diatasi sendiri. Gunakan beberapa cara berikut ini sebagai langkah awal untuk mengatasi permasalahan black screen pada laptop Anda.

Read More

cara mengatasi black screen

Penyebab Black Screen Pada Laptop

Sebelum membahas tentang cara mengatasi laptop black screen saat dinyalakan sebaiknya cari dulu apa saja penyebabnya. Permasalahan pada perangkat tidak mungkin terjadi tanpa adanya sebab sehingga harus dicari faktor penyebabnya.

  • Faktor pertama misalnya karena adanya kesalahan pada hardware yang rusak misal mouse, keyboard dan lainnya. Kerusakan seperti ini jika tidak segera ditangani dapat menjadi penyebab layar laptop menjadi black screen.
  • Faktor kedua bisa jadi karena adanya kerusakan pada display yang menyebabkan tampilan layar harus berhenti. Kerusakan pada display memang sangat mempengaruhi tampilan pada layar dan bisa menjadi penyebab utama black screen.
  • Perlu diketahui penyebab laptop black screen bisa juga terjadi karena baterai laptop mengalami kerusakan. Daya baterai yang melemah membuat kinerjanya menurun sehingga mempengaruhi tampilan pada layar laptop.
  • Faktor lainnya yaitu terjadi masalah pada software yang disebabkan oleh banyak hal. Misalnya kesalahan pada perangkat lunak di dalam laptop atau justru windows itu sendiri.

Cara Mengatasi Masalah Black Screen Pada Laptop

Setelah mengetahui penyebab layar laptop black screen selanjutnya akan lebih mudah mencari tahu cara mengatasinya. Berikut beberapa cara mengatasi laptop black screen yang sudah banyak digunakan dan pasti dapat membantu.

Restart Laptop

Pada dasarnya ketika ada masalah atau kendala pada laptop, merestart laptop menjadi pilihan pertama yang bisa dilakukan. Cara ini memang biasa digunakan untuk mengatasi berbagai kendala saat menggunakan laptop maupun komputer.

Artinya dengan menggunakan cara satu ini kemungkinan kendala black screen pada laptop bisa diatasi. Jadi coba restart laptop dan biarkan beberapa saat kemudian hidupkan lagi lalu cek bagaimana hasilnya.

Jika berhasil maka tidak perlu lagi menggunakan cara-cara lainnya dan cukup di restart saja untuk mengatasinya.

Mengatur Ulang Mode Tampilan

Jika cara pertama masih belum berhasil maka bisa menggunakan cara mengatur ulang mode tampilan atau display. Cukup tekan tombol kombinasi pada keyboard yaitu Windows + Ctrl + Shift + B.

Perhatikan cara menekan agar dilakukan secara bersamaan tekan 3 detik lalu segera lepaskan. Cara ini biasa digunakan untuk membuat tampilan pada laptop kembali normal dan membuat tampilan lebih segar.

Melepas Hardware yang Terhubung

Jika penyebab black screen adalah perangkat yang terhubung dengan laptop maka cara terbaik adalah dengan segera melepasnya. Seperti mouse, keyboard, speaker, USB dan kabel-kabel lain harus segera dilepas.

Cara ini dapat membantu meminimalkan resiko kerusakan lebih parah pada laptop. Jika tidak diketahui mana perangkat yang rusak maka sebaiknya segera lepas semua terlebih dahulu.

Hard Reset

Cara lain yang bisa digunakan adalah hard reset dengan mematikan laptop terlebih dahulu. Jika laptop sedang di cas sebaiknya cabut dulu baru kemudian keluarkan baterai dengan cara manual.

Cabut semua perangkat yang tersambung baik mouse maupun keyboard kemudian diamkan selama 1 menit. Kemudian tekan tombol power selama 60 detik lalu pasang baterai dan nyalakan laptopnya.

Memperbaharui Windows

Cara terakhir yaitu perbarui windows untuk mengatasi permasalahan sampai benar-benar selesai. Jika tidak bisa melakukan sendiri maka bisa servis laptop agar ditangani secara profesional.

Mengatasi laptop black screen memang harus dicari tahu dulu penyebabnya sehingga bisa mengambil langkah tepat.

Coba cara mengatasi black screen dari cara pertama dan jika tetap tidak bisa menggunakan cara terakhir. Semoga membantu!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *