7 Cara Menghentikan Laptop Yang Sedang Restart

  • Whatsapp
cara menghentikan laptop yang sedang restart

Laptop tergolong perangkat yang mudah dibawa kemana-mana dan nyaman saat digunakan untuk bekerja. Namun di tengah pekerjaan terkadang perangkat ini restartnya lama sehingga mengganggu pekerjaan.

Ada beberapa cara menghentikan laptop yang sedang restart agar bisa bekerja secara normal kembali. Hal ini terjadi karena beberapa penyebab yang setiap laptop terkadang permasalahannya tidak sama.

Read More

Karena itu maka kamu bisa mencoba salah satu untuk mengatasinya agar bisa dioperasikan kembali. Dalam artikel ini, semua cara tersebut akan dijelaskan secara detail agar kamu mendapatkan solusi dari masalah ini.

Cara Menghentikan Laptop yang Sedang Restart di Semua Jenis Laptop

Laptop yang tiba-tiba melakukan restart disebabkan oleh beberapa faktor di perangkat tersebut. Ketika hal ini terjadi maka kamu bisa melakukannya beberapa tindakan berikut ini:

1. Mengurangi Startup App

Startup app merupakan berbagai aplikasi yang berjalan secara otomatis ketika Windows berjalan. Dengan demikian semakin banyak startup app di laptop maka akan menyebabkan terjadinya proses restart di laptop.

Untuk mengurangi terjadinya hal seperti itu dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  1. Buka setting dengan menekan tombol Windows di kiri bawah.
  2. Kamu buka app kemudian pilih startup app. 
  3. Pilih program yang ingin dimatikan dengan menekan toggle menjadi off. 

Dalam memilih program ini harus selektif dan pastikan program tersebut tidak dibutuhkan ketika mengoperasikan laptop. Kamu bisa menonaktifkan beberapa aplikasi agar laptop tidak sering melakukan restart.

2. Menonaktifkan Fast Startup

Fast startup merupakan proses booting yang lebih cepat ketika sistem operasi diaktifkan di perangkat. Meski tidak berbahaya namun fitur ini tanpa disadari bisa membuat proses restart yang lama di laptop.

Untuk itu, kamu bisa menonaktifkan bagian tersebut akan proses restart berjalan normal. Dalam hal ini percobaan dilakukan di Windows 10 dan berikut langkah-langkahnya:

  1. Pada icon baterai, kamu bisa klik kanan lalu pilih power options. 
  2. Dari sekian menu yang ada, kamu pilih Choose what the power button do. 
  3. Selanjutnya kamu klik juga Change settings that are currently unavailable. 
  4. Terakhir kamu bisa hilangkan centang pada Turn on fast startup (recommended). 

Untuk langkah ini hanya berlaku bagi pengguna Windows 10 ke atas hingga versi terbaru. Untuk itu, langkah ini tidak dapat diterapkan di WIndows 7, 8 atau yang lebih lama.

3. Perhatikan Kapasitas RAM

RAM laptop yang semakin penuh akan membuat kinerja laptop tidak stabil sehingga lemot saat membuka aplikasi. Jika sudah demikian maka proses restart pun juga akan lama ketika dioperasikan.

Untuk itu kamu bisa mengecek kapasitas tersebut termasuk berbagai program yang di install di perangkat. Jika program tersebut cukup banyak maka kamu bisa mengurangi dengan cara menginstall ulang.

Cara ini akan membuat RAM tidak tertekan dan bisa bekerja secara maksimal. Jadi pilihlah program dimana tidak sering dibuka namun terinstall di perangkat ini.

4. Scan Virus di Laptop

Virus yang masuk ke perangkat akan membuat laptop bekerja sangat lambat atau bahkan bisa merusak beberapa bagian. Hal ini juga berlaku ketika laptop mengalami proses restart yang cukup lama.

Untuk itu kamu bisa melakukan scan secara rutin dalam beberapa waktu tertentu untuk memastikan perangkat tersebut aman. Jika tidak memiliki dana maka kamu bisa menggunakan software antivirus yang gratisan.

Banyak sekali software antivirus yang dapat kamu pilih dan di download dengan mudah di internet. Namun jika ingin maksimal maka kamu bisa mengupgradenya software dari gratisan ke berbayar.

5. Cek Kesehatan Hardisk

Hardisk merupakan komponen yang cukup penting pada PC atau laptop. Sebab keberadaan perangkat tersebut memiliki fungsi menyimpan seluruh data user atau sistem operasi secara permanen.

Ketika bagian ini sudah mengalami overload dengan banyaknya data maka bisa menyebabkan proses restart menjadi lama. Untuk itu kamu perlu melakukan pengecekan kesehatan hardisk.

Untuk mengeceknya, kamu bisa memanfaatkan beberapa tools gratisan di internet. Salah satunya adalah hardisk sentinel dan software ini bisa di unduh secara gratis dan proses pengoperasiannya juga mudah.

6. Mengistirahatkan Laptop

Beberapa orang terkadang suka membiarkan laptop tetap menyala dalam kurun waktu 24 jam non stop. Hal ini bisa membuat laptop mengalami overheat dan akhirnya membuat proses restart cukup lama.

Hal seperti ini jarang disadari sehingga ketika masalah tersebut terjadi pada kamu maka laptop perlu di istirahatkan. Untuk durasinya tidak ada patokan namun pastikan kondisi mesin atau prosesor sudah tidak panas lagi.

7. Mengganti Beberapa Komponen

Proses restart yang sering terjadi pada laptop terkadang ada beberapa komponen yang rusak. Akibat kerusakan tersebut membuat komponen satu dengan lainnya tidak terhubung sehingga cenderung lemot.

Untuk itu kamu perlu mengganti komponen yang rusak tersebut dengan yang baru. Untuk hasil yang maksimal sebaiknya proses penggantian ini dilakukan oleh teknisi ahli di bidang tersebut.

Jadi cara menghentikan laptop yang sedang restart dapat dilakukan dengan tujuh langkah di atas. Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa mencoba satu per satu terlebih dahulu metode tersebut. Jika hasilnya masih nihil maka bisa laptop tersebut perlu di servis agar ada penggantian komponen yang baru.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *