Cara Menghubungkan Speaker dengan Subwoofer Mudah

  • Whatsapp
Cara Menghubungkan Speaker dengan Subwoofer Mudah

Seperti diketahui, perkembangan dunia audio juga sangat pesat bahkan tidak kalah dengan perkembangan teknologi mobil. Salah satu komponen penting dalam instalasi audio ialah subwoofer. Cara menghubungkan speaker dengan subwoofer sendiri tergolong mudah dan sederhana.

Jika dilihat dari bentuk, subwoofer dan speaker memiliki desain yang sama. Namun tentu saja keduanya memiliki fungsi yang berbeda dan tidak sama. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut.

Read More

Pengertian Subwoofer

Sebelum membahas mengenai cara menghubungkan speaker dengan subwoofer, mungkin banyak yang belum paham mengenai pengertiannya. Subwoofer merupakan sistem speaker bass yang mampu menghasilkan frekuensi lebih rendah dibandingkan speaker pada umumnya.

Alat ini memiliki fungsi utama yaitu memproduksi frekuensi suara. Frekuensi suara yang diproduksi yaitu kisaran 10hz-200hz dalam cakupan frekuensi suara yang lengkap terutama untuk menghasilkan suara musik yang baik.

Dalam hal ini, musikalitas dikatakan baik apabila memiliki cakupan rentan frekuensi yang cukup lengkap. Di sini, subwoofer memiliki spesifikasi lebih detail dan mampu menangani nada di bawah bass.

Berikut contoh gambar Subwoofer

pengertian subwoofer

Secara garis besar, fungsi dari subwoofer ialah untuk menangkap dan menghasilkan nada rendah dibawah speaker pada umumnya. Nantinya suara yang dihasilkan juga jauh lebih lembut jika dibandingkan dengan woofer maupun speaker biasa.

Subwoofer ini merupakan salah satu jenis yang masih banyak diminati hingga saat ini. Tentu saja karena disamping fungsinya, juga ukurannya yang cukup ringkas. Karena ukurannya yang relatif kecil maka bisa diletakkan secara fleksibel.

Baca Juga: Jenis Speaker Surround untuk Rumah atau Studio

Di samping itu, harganya pun cenderung lebih murah jika dibandingkan dengan produk lainnya. Dengan fungsi yang cukup penting, ukuran yang ringkas, serta harga yang terjangkau, tentu tidak heran jika diminati oleh banyak orang.

Cara Mudah menghubungkan Speaker dengan Subwoofer

Cara Menghubungkan Speaker dengan Subwoofer
Gambar Cara Menghubungkan Speaker dengan Subwoofer

Karena fungsinya yang sangat penting dalam instalasi audio, tidak heran jika kemudian banyak orang menghubungkan speaker dengan perangkat subwoofer. Tentu saja agar menghasilkan suara yang sesuai dengan keinginan. Berikut beberapa caranya, diantaranya.

1. Secara Langsung

Cara menghubungkan speaker dengan subwoofer yang satu ini sebenarnya dinilai kurang optimal. Hal ini karena terpaksa harus mengistirahatkan speaker pasif dari speaker aktif. Namun bukan berarti tidak bisa menggunakan cara ini untuk menghubungkannya. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Silahkan “Hubungkan” speaker aktif dan subwoofer melalui jalur high input dari subwoofer.
  2. Siapkan kabel speaker tambahan dan jack RCA.
  3. Nantinya output dari speaker aktif untuk speaker pasif akan diumpankan ke high input dari subwoofer.
  4. Secara otomatis kanalnya bukan kanan (R) atau Kiri (L), namun L/R dan subwoofer sehingga efek stereonya kurang optimal.

2. Secara Tidak Langsung

Selain seperti yang sudah disebutkan di atas, cara menghubungkan speaker dengan subwoofer juga bisa dilakukan dengan menerapkan cara ini.

Perlu diketahui bahwa cara ini cukup direkomendasikan dan hasilnya lebih optimal jika dibandingkan sebelumnya. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Siapkan perangkat tambahan yang memiliki output audio analog multi channel seperti DVD player yang support DTS. Bisa juga gunakan Dolby digital atau prosesor multi kanal.
  2. Kemudian output audio analog kanal L dan R DVD bisa “Diumpankan” ke input speaker aktif RCA.
  3. Setelah itu silahkan “Hubungkan” output audio analog subwoofer dari DVD player ke low input (RCA) dari subwoofer.
  4. Nantinya sistem audio akan berubah menjadi 2.1 kanal.

Itulah ulasan mengenai pengertian dan cara menghubungkan speaker dengan subwoofer. Terdapat 2 cara yang bisa diterapkan yaitu secara langsung dan tidak. Secara keseluruhan, pemasangan secara tidak langsung lebih disarankan karena mampu memberikan hasil lebih optimal.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *