Cara Mengatasi Laptop Hibernating dan Penyebabnya

  • Whatsapp
cara mengatasi laptop hibernating

Banyak orang panik ketika laptop mereka mengalami hibernate sehingga langsung mencari cara mengatasi laptop hibernating. Sebelum membahas tentang cara mengatasinya sebaiknya pahami dulu apa itu hibernating.

Mode hibernate sebenarnya mirip dengan mode sleep dimana keduanya memiliki fungsi menghemat baterai laptop. Fitur sleep berfungsi untuk mengistirahatkan laptop ketika sudah tidak digunakan namun dalam kondisi hidup.

Read More

Sementara hibernating lebih ke laptop mati mendadak jadi bukan sedang diistirahatkan. Hibernate mode akan berjalan ketika baterai menipis dan sudah mati sebelum berhasil di cas.

Bisa juga ada sebab-sebab lain yang harus diketahui terlebih dahulu. Efeknya ketika akan dihidupkan lagi seperti susah dan bahkan harus menunggu lebih lama dibanding mode sleep.

Sebaiknya pelajari lebih mendalam tentang apa saja penyebab hibernating pada laptop. Pelajari juga bagaimana cara mengatasinya hingga mematikan fitur ini agar tidak ada kendala nantinya.

Penyebab Laptop Melakukan Hibernating

Tahukah Anda beberapa penyebab laptop hibernating juga akan mempengaruhi berapa lama hibernating pada laptop. Sebenarnya ada banyak penyebab fitur ini aktif namun setidaknya ada 3 penyebab utama yang penting diketahui.

Baterai akan habis

Salah satu penyebab utama dan paling sering adalah baterai laptop yang sudah mau habis. Biasanya ketika baterai tinggal 10% namun tidak segera di-charge maka akan muncul peringatan dari Windows.

Kapasitas baterai akan terus berkurang dan cepat habis jika terus menerus diabaikan hingga akhirnya Windows akan mematikan secara hibernate. Hal ini bertujuan agar saat laptop dihidupkan lagi kondisinya sama ketika sebelum mati.

Overheating

Penyebab kedua adalah overheating atau kepanasan akibat menjalankan software yang cukup berat dalam waktu lama. Seperti memainkan game dengan ukuran berat dalam waktu seharian penuh tanpa istirahat maka akan menyebabkan overheating.

Overheating juga bisa disebabkan sistem pendinginan yang tidak berjalan dengan baik atau kipas prosesor kotor. Kalau laptop mengalami overheating maka prosesor akan mematikan sistem pada laptop secara otomatis.

CPU usage mencapai 100%

Penyebab lainnya yaitu ketika CPU usage atau kapasitas penggunaannya sudah mencapai 100%. Biasanya jika kapasitas penggunaan sudah mencapai 100% ada tanda-tanda laptop panas.

Namun jika tidak ada tanda-tanda tersebut kemungkinan prosesor mendeteksi pemakaian yang tidak wajar. Maka untuk mencegahnya prosesor memerintah sistem untuk mengaktifkan mode hibernate.

Langkah Mudah Mengatasi Laptop Hibernate

Setelah mengetahui apa saja penyebabnya maka akan lebih mudah memahami cara mengatasi hibernating Windows 10. Ikuti langkah-langkah berikut ini yang akan membantu mengatasi hibernating pada laptop.

  1. Pertama matikan laptop dengan cara tekan tombol power kemudian pastikan kalau laptop benar-benar mati. Biasanya akan berbunyi “klak” ketika laptop dimatikan dengan cara paksa.
  2. Langkah kedua tekan tombol power kurang lebih 15 – 20 detik karena jika ditekan biasa maka laptop tidak akan mati.
  3. Segera cabut charge dan juga cabut baterai laptop.
  4. Diamkan beberapa saat kurang lebih 5 – 10 menit kemudian pasang kembali.
  5. Setelah terpasang dengan baik hidupkan kembali laptop.
  6. Proses selesai dan laptop akan kembali normal.

Setelah laptop kembali normal sebaiknya ubah settingan untuk menonaktifkan mode hibernate. Tujuannya agar kendala tersebut tidak kembali terulang dan tidak harus selalu dimatikan paksa.

Cara menonaktifkan hibernating pada laptop hanya dengan beberapa langkah saja, ikuti panduannya.

  1. Pertama klik ikon baterai di sisi kanan bawah desktop, coba perhatikan dulu.
  2. Klik “More Power Options” > Balanced > Change plan settings.
  3. Kemudian pilih “Change advanced power and settings”.
  4. Jika muncul jendela untuk pengaturan lanjutan maka pilih “Sleep” kemudian pilih “Never”.
  5. Klik OK maka pengaturan sudah berhasil diubah.

Dapat disimpulkan laptop mengalami hibernate karena berbagai penyebab yang harus diketahui terlebih dahulu. Kemudian ikuti langkah cara mengatasi laptop hibernating dan jangan lupa untuk dinonaktifkan agar tidak terjadi lagi.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *