5 Langkah Cara Memasang RAM pada PC dengan Benar

  • Whatsapp
cara memasang ram

Saat Anda hendak mengupgrade ataupun membersihkan RAM pada PC, tentu Anda harus tahu cara melepas dan memasang RAM. Lalu bagaimana cara memasang RAM yang benar pada PC?

Pada CPU, terdapat motherboard yang merupakan pusat penghubung antar perangkat yang terpasang pada PC. Salah satunya yaitu tempat RAM. Bagaimana cara memasang RAM pada motherboard? Simak tutorial kami di bawah ini.

Read More

5 Langkah Memasang RAM Pada PC dengan Benar

Berikut adalah langkah-langkah cara memasang RAM pada PC dengan benar:

Nonaktifkan Komputer

Pertama yang harus Anda lakukan adalah mematikan komputer dan mencabut semua kabel yang terhubung dengan komputer. Pastikan benar-benar tidak ada aliran listrik pada komputer.

Buka Cover CPU

Kemudian lepaskan casing komputer untuk dapat mengakses motherboard. Perhatikan motherboard, slot RAM berdekatan dengan socket CPU. Lihat di bagian atas dan temukan heatsink besar, slot RAM ada di sebelahnya.

Lepaskan RAM

Pada RAM, ada dua pengunci di kanan dan kiri RAM yang membuatnya terpasang pada slot. Tekan pengunci tersebut ke samping supaya RAM terlepas dan dapat dicabut.

Pasang RAM

Sekarang adalah cara memasang RAM pada motherboard. Sebenarnya ini mudah, karena Anda hanya perlu meletakkan RAM pada tempat Anda melepasnya tadi. Namun selagi motherboard terbuka, sebaiknya dibersihkan debunya. Berikan udara bertekanan atau penyedot debu secara perlahan.

Setelah membersihkan motherboard, siapkan modul RAM yang akan dipasang. Lalu buka pengunci slot RAM yang ada pada motherboard.

Perhatikan lekukan pada RAM dan slot, pastikan takik pada RAM sejajar dengan celah pada slot di motherboard. Karena jika tidak, RAM tidak dapat terpasang.

Cukup lakukan perlahan saat memasukkan RAM pada slot. Sedikit condongkan RAM ke depan sampai semua bagian dapat masuk dengan baik. Lalu dorong perlahan bagian bawah RAM ke dalam slot.

Kemudian beri sedikit tekanan pada kedua ujung sampai terdengar suara “klik”. Maka itu artinya RAM sudah terpasang dengan baik.

Namun pada beberapa kasus, biasanya penguncian terjadi secara otomatis saat Anda meletakkan RAM pada slot dengan posisi yang tepat. Tetapi tidak ada salahnya jika Anda memastikan apakah RAM sudah terkunci dengan baik atau tidak.

Penutup

Setelah mengikuti cara memasang RAM di CPU, dan Anda sudah memastikan RAM terpasang dengan tepat, tutup kembali casing CPU dengan benar. Selanjutnya sambungkan kembali semua kabel penghubung dan hidupkan komputer Anda.

Kemungkinan komputer Anda tidak dapat langsung menyesuaikan dengan RAM baru yang Anda pasang. Pada beberapa kasus tidak ada apapun yang terjadi, walaupun ada, bukan masalah berarti, biasanya hanya restart berulang.

Jadi, biarkan komputer Anda berjalan selama beberapa menit untuk mengenali dan menyesuaikan dengan RAM. Setelah itu baru restart komputer dan semuanya akan kembali normal.

Namun, apabila RAM tidak terpasang dengan benar, Anda akan mendengar bunyi beep tepat saat komputer baru dinyalakan.

Mungkin Anda punya masalah dengan fungsi RAM yang tidak berjalan dengan benar. Jika demikian ada beberapa kemungkinan penyebabnya, yaitu:

  • Penempatan RAM pada slot yang salah. Jadi pindahkan RAM pada slot yang lain.
  • RAM rusak. Maka Anda harus menggantinya dengan yang baru.
  • Slot RAM atau motherboard mengalami kerusakan.

Saat Anda mencoba semua cara memasang RAM di atas, lakukan dengan benar dan hati-hati. Supaya Anda tidak sampai merusak modul RAM dan slot RAM atau bahkan merusak komponen lainnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *