Pengertian RAM Komputer, Fungsi dan Jenis-Jenis RAM

  • Whatsapp
ram komputer

RAM (Random Access Memory) merupakan komponen penting dalam menentukan kinerja dan menjadi salah satu elemen komputasi yang paling mendasar. Tanpa RAM komputer, maka file, game sampai program dalam komputer tidak akan berfungsi.

Sebenarnya apa itu RAM komputer dan mengapa penting? Lalu apa yang dilakukan RAM pada komputer? Di sini akan dijelaskan dengan tepat pengertian RAM, fungsi serta jenis-jenisnya.

Read More

Pengertian RAM Komputer

RAM komputer adalah komponen perangkat keras yang digunakan sebagai ruang penyimpanan data super cepat. Penggunaannya adalah menyimpan data sementara untuk program yang berjalan di komputer.

Kebalikan dari SDD komputer atau hard disk yang merupakan memori jangka panjang komputer atau tempat penyimpanan permanen. Karena informasi yang tersimpan di dalam RAM akan hilang saat komputer dimatikan.

Bagaimana proses kerja RAM?

Karena kecepatannya, RAM digunakan untuk memproses informasi dengan segera. Jadi saat Anda mulai menjalankan aplikasi, komputer akan memuat aplikasi tersebut ke dalam RAM.

Bahkan apabila Anda menjalankan aplikasi yang sudah tersimpan di SDD, sistem operasi komputer juga akan menyalin informasi ke dalam RAM.

Jika RAM pada komputer Anda sangat cepat, maka komputer juga akan merespons dengan sangat cepat.

Kenapa?

Karena RAM mampu memuat aplikasi jauh lebih cepat daripada hard disk. Memungkinkan Anda mengakses beberapa program sekaligus dengan kecepatan penuh.

Bahkan sebagian besar RAM digunakan untuk membuka program yang sangat kompleks seperti perangkat lunak desain atau game.

Fungsi RAM Komputer

RAM komputer berguna untuk menyimpan berbagai informasi yang digunakan komputer supaya dapat diakses dengan cepat. Serta memberi aplikasi komputer ruang untuk menyimpan dan mengakses data dalam jangka pendek.

Sebagai memori jangka pendek komputer, RAM menyediakan ruang penyimpanan sementara untuk data dan kode program yang digunakan komputer. Sehingga komputer dapat meluncurkan program, memproses tindakan sampai memuat berbagai fitur.

Sederhananya, RAM digunakan untuk berbagai tugas yang membutuhkan akses super cepat ke sumber daya komputer.

Jadi, fungsi RAM komputer adalah menyimpan dan membuka banyak program, serta menjalankan berbagai proses atau mengakses banyak file secara bersamaan.

Maka dari itu, ketika Anda ingin mempercepat kinerja komputer, meningkatkan RAM akan sangat membantu. Khususnya kinerja prosesor untuk mengolah data. Karena semakin besar RAM yang digunakan maka prosesnya akan semakin lebih baik.

Kesimpulan kegunaan penting dari RAM yaitu:

  • Digunakan sebagai scratchpad, memori utama, dan buffer.
  • Menawarkan disipasi daya rendah.
  • Populer karena kompatibilitasnya.
  • Menawarkan kinerja operasi yang cepat.

Jenis -Jenis RAM Komputer

Secara sederhana, RAM dibagi menjadi dua jenis, yaitu DRAM dan SRAM.

Berikut beberapa jenis RAM komputer:

DRAM (Dynamic RAM)

Jenis RAM yang memungkinkan untuk menyimpan setiap bit data dalam kapasitor terpisah. Merupakan memori komputer standar dari banyak komputer desktop modern.

Supaya memori yang tersimpan dalam DRAM tidak hilang, lakukan penyegaran dengan tegangan teratur karena memori mudah menguap.

SDRAM (Synchronous Dynamic Random Access Memory)

Berbentuk memori semikonduktor DRAM dengan kecepatan antara 100 Mhz sampai 133 Mhz. Dibandingkan EDO DRAM dan BEDO RAM, SDRAM bisa dua kali lebih cepat. Bahkan tiga kali lebih cepat dari FPM RAM.

DDR RAM (Double Rate Random Access Memory)

Merupakan teknologi lanjutan dari SD RAM yang mampu menjalankan dua instruksi sekaligus secara bersamaan. RAM yang paling banyak digunakan pada laptop karena mengkonsumsi daya listrik lebih rendah dengan kecepatan yang tinggi.

Bahkan memiliki kapasitas memori sampai 16 GB per chip. Generasi terbaru yang dikembangkan dari DDR RAM yaitu DDR2, DDR3, dan DDR4.

RDRAM (Rambus Dynamic Random Access Memory)

Termasuk jenis memori komputer tercepat dengan kecepatan transfer data lebih dari 1 GHz. Sehingga sangat tepat digunakan untuk memori sistem di server berkinerja tinggi atau memori video pada kartu grafis akselerator.

Menggunakan slot RIMM seperti pada SD RAM, namun cenderung lebih mahal karena proses kerjanya yang lebih cepat.

SRAM (Static Random Access Memory)

SRAM menyimpan data menggunakan keadaan sel memori 6 transistor atau metode statis. Artinya, tidak ada perubahan data selama chip memori menerima pasokan listrik.

Tidak seperti DRAM, SRAM membutuhkan daya yang lebih kecil dan mampu berjalan lebih cepat, namun biaya produksinya lebih mahal. Karena dalam pembuatannya menggunakan struktur yang lebih kompleks.

Akan tetapi, SRAM tidak dapat menyimpan data sebanyak DRAM karena jumlah data yang tersimpan sangat terbatas.

Lebih cepat dibandingkan DRAM karena memiliki waktu akses yang lebih rendah.

EDORAM (Extended Data Out Random Access Memory)

Diperkenalkan pada tahun 1994 sebagai sejenis chip RAM yang dioptimalkan untuk pentium 66 MHz. Pada perangkat dengan OS Pentium, EDORAM mampu menyimpan sekaligus mengambil data secara bersamaan.

Termasuk kecepatan baca tulisnya yang tidak perlu diragukan lagi. Itu sebabnya banyak digunakan sebagai pengganti primary memory atau FPM RAM.

NVRAM (Non Volatile Random Access Memory)

Jenis memori yang tetap dapat menyimpan data meskipun daya dimatikan, karena dilengkapi baterai lithium dengan CR-2032. Bahkan tidak membutuhkan daya yang besar karena dirancang dengan manufaktur CMOS.

FPM DRAM (Fast Page Mode Dynamic Random Access Memory)

Merupakan jenis DRAM yang paling umum digunakan dalam komputer dan memiliki kecepatan transfer maksimal kira-kira 176 Mbps. Serta mampu mengakses halaman cepat dengan kinerja yang lebih tinggi dari DRAM konvensional.

Flash RAM

Memory flash RAM merupakan jenis memori yang datanya dapat ditulis dan dihapus atau penyimpanan non-volatil. Di mana semua data yang tersimpan tidak akan hilang setelah daya terputus.

SDR SDRAM

SDR SDRAM atau SDRAM merupakan jenis memori yang juga digunakan pada video game konsol. Memiliki kemampuan memproses instruksi satu membaca dan satu menulis per siklus jam.

DDR SDRAM (Double Data Rate Synchronous Dynamic Random Access memory)

Memiliki fungsi yang hampir sama dengan SDRAM. Namun DDR SDRAM menawarkan kecepatan yang lebih besar dengan bandwidth yang lebih tinggi. Memiliki kecepatan transfer maksimal ke cache L2 sekitar 1.064 Mbps dan bekerja pada tegangan standar yang lebih rendah (2,5 V dari 3,3 V).

DDR SDRAM melakukan peningkatan evolusioner dengan DDR2 SDRAM yang standar modul memorinya ada di atas 533 MHz. Kemudian peningkatan dalam pemrosesan sinyal berkelanjutan pada DDR3 SDRAM. Selain kapasitas memori yang lebih besar, standar kecepatan juga sampai 800 MHz.

Kemudian ada DDR4 SDRAM dengan 1600 MHz dan DDR5 SDRAM pada generasi berikutnya yang mampu menggandakan bandwidth.

GDDR SDRAM (Graphics Double Data RateĀ 

Jenis DDR SDRAM yang digunakan dalam video card dan khusus dirancang untuk pemrosesan grafis video. Dirancang khusus untuk meningkatkan GPU.

Meskipun memiliki fitur yang sama seperti DDR4, namun DGGR dibuat untuk bandwidth yang lebih tinggi dan menggunakan lebih sedikit daya.

Sehingga memungkinkan modul berkinerja lebih tinggi dengan sistem pendingin yang lebih sederhana.

Baca Juga: 3+ Cara Mengecek RAM Komputer Mudah dan Cepat

Jadi, seiring perkembangan teknologi yang tidak terkendali, RAM komputer juga terus mengembangkan generasi-generasi baru dengan kinerja yang jauh lebih baik.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *