Apa Perbedaan RAM Single dan Dual Channel? Lebih Baik Mana?

  • Whatsapp
perbedaan ram single dan dual channel

Saat merakit PC baru, tidak sedikit yang kebingungan untuk menggunakan saluran memori tunggal atau ganda. Untuk itu, ketahui dulu apa sih perbedaan RAM single dan dual channel?

Dengan demikian maka Anda akan tahu mana yang baik untuk Anda gunakan. Langsung saja lihat perbandingan antara single channel vs dual channel di bawah ini.

Read More

3 Perbedaan Utama RAM Single Channel dan Dual Channel

Apa perbedaan RAM single channel dan dual channel?

Konfigurasi

Single channel memiliki konfigurasi satu keping (1x8GB) sementara dual channel menggunakan 2 keping RAM (2x4GB).

Pada motherboard modern, antara CPU dan RAM terdapat dua saluran 64-bit sampai 128-bit.

Pada single channel hanya satu yang berfungsi. Sementara pada dual channel, kedua saluran sama-sama digunakan untuk berkomunikasi dengan CPU.

Itu sebabnya pada single channel, throughput RAM terbatas dan hanya mampu menghasilkan bandwidth sampai 17GB/dtk. Beda dengan dual channel yang mampu melipatgandakan bandwidth RAM menjadi 34GB/dtk.

Di mana keduanya sama-sama menggunakan modul DDR4 2133MHz. Maka dari itu, jika menggunakan single channel dan ingin mencapai tingkat kinerja yang sama dengan dual channel, harus menggunakan modul memori minimal 4000MHz.

Jika bingung dengan DDR 3 dan DDR 4, kamu bisa baca terlebih dahulu perbedaan DDR 3 dan DDR 4.

Harga

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, single channel hanya membutuhkan 1 keping RAM. Jadi Anda hanya perlu membeli satu RAM dengan besaran yang diinginkan bahkan untuk melakukan upgrade ke depannya.

Mengenai harga, tentunya selain hemat, selain itu konsumsi daya juga lebih rendah.

Berbeda dengan dual channel yang lebih banyak mengkonsumsi daya dan memiliki harga yang lebih mahal.

Sebagai contoh, jika satu keping RAM membutuhkan setidaknya 1.35 Volt, maka dua channel akan mengkonsumsi 2 kali lipatnya.

Performa

Cara membedakan RAM single channel dan dual channel yang paling mudah adalah dengan melihat performanya.

Di mana meskipun lebih menguntungkan dari segi daya dan biaya, namun single channel memiliki performa yang cukup lambat. Beda halnya dengan dual channel yang memiliki performa jauh lebih tinggi.

Sehingga sangat sesuai untuk komputer yang membutuhkan performa handal seperti komputer gaming.

Bahkan perbedaan rata-rata performa dual channel dan single channel adalah sekitar 10%.

Memang tidak terlalu jauh, tapi akan sangat berpengaruh terhadap kinerja komputer. Ada perbedaan yang sangat signifikan ketika Anda mulai menjalankan sebuah aplikasi atau melakukan loading.

Bagaimana bisa demikian?

Jelas, karena dual channel bekerja dengan 2 RAM atau diibaratkan dengan dua otak sementara single channel bekerja dengan satu otak saja.

Ambil contoh orang mendorong mobil. Satu dorongan saja hanya akan melajukan mobil dengan sangat lambat. Tetapi jika ada dua orang di belakang yang mendorong, ada dua tenaga pendorong yang bekerja sama dan menambah laju mobil.

Mana yang Lebih Baik? Single Channel atau Dual Channel?

Jadi, jika Anda merasa cukup dengan RAM 8GB, maka single channel sudah cukup baik untuk menjalankan perangkat Anda. Walaupun kedepannya Anda membutuhkan upgrade, Anda bisa tingkatkan sampai 16GB.

Tetapi jika Anda mengharapkan komputer dengan kecepatan extra, maka dual channel dengan 2x4GB atau 2X8GB akan bekerja dengan lebih baik.

Maka dari itu, saat hendak merakit komputer, ketahui dulu untuk apa komputer akan digunakan. Tujuan yang jelas dari awal, memudahkan Anda menentukan hardware yang akan digunakan supaya sistem bekerja dengan baik.

Maka yang terbaik adalah yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk itulah Anda perlu tahu apa saja perbedaan RAM single dan dual channel.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *