Perbedaan RAM DDR3 dan DDR4 dan Cara Mengetahui Tipe RAM

  • Whatsapp
perbedaan ram ddr 3 dan 4

Pentingkah bagi Anda mengetahui perbedaan RAM DDR3 dan 4? Penting saat Anda ingin mengganti kecepatan RAM pada laptop atau PC dan mencari mana yang terbaik untuk Anda gunakan.

Apa Perbedaan DDR3 dan DDR4?

Jelasnya, DDR3 merupakan generasi sebelum DDR4. Di mana DDR4 baru dirilis pada tahun 2014, sedangkan DDR3 mulai diperkenalkan pada tahun 2007.

Read More

Artinya, DDR4 merupakan generasi RAM terbaru atau sebagai versi pengembangan dari DDR3. Peningkatan yang terjadi pada DDR4 meliputi berbagai aspek, seperti:

  • Kecepatan clock;
  • Pengurangan latensi;
  • Perubahan timing; dan
  • Konsumsi daya.

Sehingga DDR4 sebagai penerus DDR3 tentu memiliki spesifikasi yang lebih tinggi.

Lebih detailnya, berikut beberapa poin perbedaan dari DDR3 dan DDR4:

Kecepatan dan Frekuensi

Sebagai perangkat yang dikembangkan dari DDR3, tentunya DDR4 sudah dibekali dengan frekuensi yang lebih tinggi serta kecepatan transfer yang lebih baik dari DDR3.

Di mana kecepatan jam dasar pada DDR3 adalah 800 MHz dengan batas clock speed paling tinggi 2133MHz. Sementara kecepatan RAM DDR4, sampai saat ini belum ditemukan batas tertingginya.

Karena produsen terus berlomba membuat DDR4 dengan clock speed yang lebih tinggi dari yang sudah ada dan disebut sebagai tertinggi.

Seperti halnya peningkatan teknologi dan komputasi pengguna, peningkatan kecepatan pada RAM juga akan terus terjadi mengikuti kebutuhan pengguna.

Konsumsi Daya

Apabila voltase lebih rendah, maka RAM tidak cepat panas dan proses transfer data menjadi lebih cepat.

Pada DDR3, konsumsi daya sampai 1,5 Volt. Sementara dengan menggunakan DDR4, Anda hanya akan mengkonsumsi daya sebesar 1,2 Volt. Sehingga selain hemat daya juga masa hidup baterai menjadi lebih lama.

Selain itu, DDR4 juga disebut lebih ramah lingkungan. Tidak mau tertinggal, DDR3 juga hadir dengan DDR3L yang juga ramah lingkungan meski masih bekerja pada tegangan 1,35 Volt.

Kapasitas

DDR4 menawarkan penyimpanan yang jauh lebih besar dibandingkan DDR3 pendahulunya. Di mana batas kapasitas penyimpanan tertinggi pada DDR3 hanya sampai 128GBGB. Sedangkan kapasitas RAM DDR4 bisa sampai 512GB.

Titik Slot dan Jumlah Pin

Modul DDR3 dan DDR4 memiliki titik slot dan jumlah pin yang berbeda. Itu sebabnya DDR3 dan DDR4 tidak kompatibel dan tidak bisa saling menggantikan.

Jadi, jika Anda ingin mengganti DDR3 dengan DDR4, maka slot RAM pada motherboard harus diperbaiki supaya kompatibel dengan DDR4.

Harga

Berbicara harga, tentu sudah bisa dipastikan jika DDR4 memiliki harga yang lebih mahal dari DDR3. Bahkan perbandingannya bisa sampai sekitar 20%.

Meski tidak seberapa, tapi saat Anda mengupgrade RAM maka beberapa bagian pada perangkat juga harus turut di upgrade. Contohnya seperti prosesor.

Lalu sudahkah Anda tahu tipe RAM yang Anda gunakan sekarang? Simak dan lihat cara mengecek tipe RAM pada laptop dan PC.

2 Cara Mudah Mengetahui Tipe RAM yang Digunakan

Berikut cara mengetahui tipe RAM tanpa perlu membongkar perangkat:

Menggunakan Task Manager

Manfaatkan tombol Ctrl + Alt + Del, dengan menekannya dalam waktu bersamaan. Kemudian pergi ke menu Performance dan klik menu Memory.

Perhatikan bagian Speed.

Jika speed menunjukkan frekuensi di atas 2133MHz, maka RAM yang Anda gunakan adalah DDR4. Tetapi jika speed menunjukkan di bawah 2133MHz, maka itu adalah DDR3L atau DDR3.

Menggunakan Aplikasi CPU-Z

Silahkan download dan install aplikasi CPU-Z pada perangkat Anda. Jika sudah, buka aplikasi dan temukan menu Memory. Pada kolom Type akan tertulis tipe RAM yang digunakan perangkat Anda.

Setelah tahu perbedaan DDR3 dan 4, Anda bisa mengecek RAM yang Anda gunakan. Dengan demikian, Anda paham RAM apa Anda butuhkan untuk kemudian di upgrade.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.