9 Ciri-Ciri RAM Rusak dan Cara Memperbaikinya

  • Whatsapp
ram rusak

RAM (Random Access Memory) berperan penting dalam proses kinerja komputer. Maka dari itu apabila RAM rusak, tentu sangat mempengaruhi kinerja komputer.

Kamu tidak mau itu terjadi, bukan?

Read More

Oleh karena itu, ketahui bagaimana ciri-ciri RAM rusak supaya segera dilakukan perbaikan dan komputer kembali berjalan normal.

9 Tanda-Tanda RAM Rusak yang Harus Kamu Ketahui

Berikut beberapa tanda RAM rusak yang harus kamu ketahui:

1. Kinerja Komputer Melambat

Kamu mulai merasakan ada yang berbeda dengan komputer kamu. Misalnya, saat dioperasikan, komputer berjalan lebih lambat dari biasanya. Apabila processor kamu tidak bermasalah, bisa jadi itu disebabkan oleh RAM yang rusak.

2. Ada Suara ‘Beep’ Saat Komputer Dinyalakan

Ketika kamu baru menyalakan komputer atau laptop, tiba-tiba terdengar suara ‘beep’ yang panjang atau berulang-ulang. Bahkan pada beberapa kasus, hanya muncul warna hitam pada layar .

3. Sering Not Responding

Selain lambat, saat dioperasikan, komputer sering kali tidak merespon. Segera pastikan apakah itu karena RAM rusak atau kapasitas RAM yang kurang memadai. Jika demikian maka kamu harus mengupgradenya.

4. Aplikasi Sulit Diakses

Tanda selanjutnya yaitu aplikasi yang tidak dapat dijalankan karena RAM tidak bisa mengakses data dalam aplikasi.

5. Komputer Melakukan Restart Sendiri

Saat kamu menggunakan komputer, tiba-tiba komputer melakukan restart sendiri atau bahkan mati secara mendadak. Saat komputer mati total, periksa sambungan kabel, jika tidak ada masalah, ada kemungkinan RAM yang rusak.

6. Tidak Terdeteksi

Saat kamu menemukan tanda-tanda di atas, periksa apakah komputer mendeteksi seluruh kapasitas RAM atau tidak. Misal, sebenarnya ada 2 keping RAM pada slot masing-masing 8GB, jadi ada 16GB.

Tetapi windows hanya membaca satu keping dengan kapasitas 8GB.

7. Komputer Mengalami Blue Screen

Biasanya, blue screen terjadi ketika ada masalah pada driver atau hardware. Apabila RAM kamu yang bermasalah, pesan errornya adalah:

  • Memory Could Be Read
  • Memory Access Violation
  • Memory Could Not Be Better

8. Terjadi Error Saat Menginstal Aplikasi

Terjadi kegagalan atau muncul tanda error ketika kamu sedang menginstal aplikasi baru.

9. RAM Mudah Panas

Komputer atau laptop kamu sering terasa panas padahal baru saja dinyalakan. Periksa panasnya apakah standar seperti biasa atau berlebihan. Tetapi jika itu baru saja dinyalakan dan belum lama beroperasi, ada kemungkinan RAM kamu yang bermasalah.

Apakah RAM rusak bisa diperbaiki? Baca solusinya.

Cara Memperbaiki RAM Rusak

Berikut cara memperbaiki RAM rusak:

  • Periksa Posisi RAM

Perhatikan dengan baik apakah RAM sudah terpasang dengan benar pada motherboard atau belum. Untuk meyakinkan lepas RAM dan pasang RAM kembali untuk memastikan RAM terpasang dengan baik.

Apabila kesulitan, baca juga cara memasang RAM pada PC dengan benar.

  • Perhatikan Slot RAM

Apabila ada dua slot RAM dan hanya satu yang digunakan, coba pindahkan RAM ke slot yang kosong. Jika semua slot RAM digunakan, coba lakukan pertukaran.

Misal, RAM 1 ada pada slot A dan RAM 2 ada pada slot B. Maka ganti slot A dengan RAM 2 dan slot B dengan RAM 1.

  • Lakukan Pembersihan

Debu bisa menjadi penyebab RAM rusak, karena slot tidak dapat membaca komponen RAM pada sistem. Coba lakukan pembersihan pada bagian kuningan RAM menggunakan penghapus karet.

Pastikan penghapus yang kamu gunakan masih bersih supaya tidak semakin menambah kotor kuningan.

Solusi ini bisa segera kamu lakukan saat menemukan ciri-ciri RAM rusak yang sudah dijelaskan di atas. Supaya komputer kamu kembali berfungsi dengan baik dan kinerjanya stabil.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.