7 Cara Mengatasi Preparing Windows dengan Mudah

  • Whatsapp
Cara Mengatasi Preparing Windows

Cara mengatasi preparing Windows sebenarnya tidaklah sulit dan cukup banyak pilihan caranya. Hal ini karena permasalahan automatic repair memang sering terjadi pada windows.

Penyebab pesan automatic repair muncul di windows biasanya karena mendeteksi adanya data eror atau rusak. Tujuan preparing ini untuk memperbaiki data yang rusak secara otomatis.

Read More

Cara Mengatasi Preparing Windows Dengan 7 Langkah Mudah

Nah jika Anda mengalami masalah seperti ini maka tidak perlu khawatir karena bisa diatasi sendiri.

Ada 7 cara untuk bisa menyelesaikan permasalahan preparing windows pada perangkat Anda. Coba mulai dari cara pertama yang paling sederhana sampai cara ke 7 berikut ini.

1. Matikan Sementara

Cara pertama untuk bisa mengatasi laptop preparing Windows yaitu coba dengan mematikan sementara. Dengan mematikan sementara membuat sistem komputer atau laptop menjadi refresh.

Jangan sembarangan mematikan laptop atau PC apalagi dimatikan secara paksa. Coba matikan dengan cara biasa yaitu dari menu shutdown atau tombol fisik shutdown.

Lepas semua perangkat yang terhubung seperti keyboard, mouse, kabel pada PC, flashdisk atau perangkat lain. Kemudian tunggu beberapa menit lalu pasang kembali dan coba hidupkan lagi.

2. Gunakan Regback

Jika cara pertama tidak berhasil maka coba menggunakan cara kedua yaitu memakai regback atau recovery file registry. File registry akan muncul otomatis jika windows sudah berhasil booting.

Coba perbaiki file registry memakai perintah regback dengan restart komputer kemudian tekan F11 ketika proses booting. Akan muncul pilihan Command Prompt lalu masukkan perintah copy c:\windows\system32\config kemudian Enter.

Baca Juga: Cara Defragment Windows 10 untuk Menjaga Performa Hardisk

3. Nonaktifkan Tools Automatic Repair

Perlu diketahui automatic repair adalah sebuah tool yang bisa dinonaktifkan dengan langkah mudah.

  1. Pertama restart PC atau laptop
  2. Tekan F11 kemudian muncul Advanced Options
  3. Pilih menu Command Prompt
  4. Masukkan “bcdedit/set (default) recoveryenabled No
  5. Tekan Enter
  6. Restart perangkat

4. Rebuild Boot Configuration Data (BCD)

Proses preparing Windows lama bisa diatasi dengan menggunakan cara rebuild BCD (Boot Configuration Data). BCD sendiri merupakan file penting yang terdapat pada sistem operasi Windows dan sangat berpengaruh.

Jika file BCD mengalami kerusakan atau bahkan hilang maka akan muncul masalah pada saat booting. Permasalahan yang muncul seperti no bootable device found, automatic repair dan masalah lainnya.

Jika sudah diketahui penyebab masalah karena BCD maka mengatasinya hanya perlu membuat ulang filenya. Cara pembuatannya melalui CMD saja kemudian restart ulang komputer atau laptop Anda.

5. Boot Mode Anti Malware

Fitur anti malware memiliki fungsi sebagai sistem keamanan pada windows untuk meminimalkan resiko virus. Ternyata fitur ini bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah automatic repair.

Hanya perlu menonaktifkan fitur anti malware dengan masuk ke Advanced Options. Kemudian pilih Startup Settings kemudian tekan F8 dan pilih Disable Early Launch Anti-Malware Protection.

Simpan pengaturan yang sudah disetting ulang dengan restart perangkat dan tunggu beberapa menit lalu hidupkan lagi.

6. Reset Windows

Reset windows bertujuan memperbaiki keseluruhan file dalam sistem komputer atau laptop. Namun tetap harus berhati-hati jika menggunakan fitur ini dengan melakukan backup data terlebih dahulu.

7. Install Ulang Windows

Jika beberapa cara diatas tidak berhasil maka cara terakhir yang bisa dilakukan adalah install ulang windows. Cara ini menjadi solusi terakhir karena mungkin ada kerusakan pada file sistem windows.

Kalau memang sudah tidak bisa diperbaiki maka harus menginstall ulang windows baru agar sistem berjalan normal kembali.

Sebenarnya masalah automatic repair sering terjadi dan mudah diselesaikan namun cukup merepotkan. Maka coba gunakan cara mengatasi preparing Windows dari cara pertama dan jika memang tidak bisa maka coba cara terakhir.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *